TTQ Target Murid MMU Fasih Baca al-Qur’an

share to
utama

Konsentrasi; Peserta ujian al-Qur’an tingkat wustho sedang mengisi soalan ujian, Jumat (14/04).

Meningkatkan kualitas santri Pondok Pesantren Sidogiri fasih membaca al-Qur’an yang baik merupakan prioritas program Pengurus  TTQ (Taklimiyah aw Tahfidz al-Quran). Bahkan, kelulusan pendidikan al-Qur’an di PPS menjadi persyaratan kenaikan kelas dan mengikuti Imtihan Nihai (IMNI); red. ujian akhir. Baik di tingkat MMU Ibtidaiyah ataupun di MMU Aliyah.

Untuk mewujudkan santri fasih membaca al-Qur’an, selain kegiatan taklimul-Qur’an yang dilaksanakan tiap malam, pengurus juga memberikan pembekalan seputar ilmu tajwid dan cara membaca al-Qur’an kepada murid kelas 3 MMU Tsanawiyah dan mualim tingkat wustha.

Di PPS, pendidikan al-Qur’an yang ditangani oleh TTQ ini terdapat tiga jenjang, yaitu Sufla (murid MMU Ibtidaiyah), Wustha (murid MMU Tsanawiyah), dan Ulya (murid MMU Aliyah).

Beberapa waktu lalu pengurus mengadakan ujian al-Quran tingkat sulfa dan wustha. Ujian dilaksanakan setiap Jumat, dimulai sejak bulan Pebruari s.d tanggal 25 April 2014. Ujian al-Quran ini dibagi menjadi 3 gelombang. Pertama, ujian qiraatul-Quran (mushaf Ustmani). Kedua, ujian gharaibut tilawah (dalailut tilawah). Peserta ujian dites benar tidaknya cara membaca bacaan gharib yang terdapat di al-Qur’an. Ketiga, ujian tulis dengan materi Mabadi’ fi Ilmit Tajwid, buku panduan baca al-Qur’an karya KH. Bashori Alwi Singosari Malang.

Menurut Sekretaris Ujian al-Quran, Ulil Abshar mengatakan bahwa, presentase kelulusan peserta ujian al-Quran di MMU Ranting Tipe B untuk tahun ini meningkat drastis dibandingkan tahun kemarin yang dinilai jauh dari target. “Tingkat kelulusan di tahun ini untuk MMU Ranting Tipe B diperkirakan mencapai 93%,” terangnya.

Hal ini diperkuat oleh salah saeorang pengurus MQS Sidogiri, Ust. Hamim Asy’ari yang menyakatakan peningkatan kelulusan ini atas kerja keras pihak Pimpinan Madrasah dalam membimbing peserta didik mereka secara intensif. “Ke depan, kami berencana mengadakan pelatihan bagi muallim MMU ranting, supaya angka kelulusan setiap tahun semakin membaik,” jelasnya.

==
Penulis: M. Saifuddin Ali
Editor: Zainuddin Rusdy

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *