Pengurus Ubudiyah Gelar Pembinaan Praktek Shalat untuk Santri Baru

share to
IMG_1848 (FILEminimizer)

Kepala Bagian Ubudiyah dibantu Pengurus Daerah mengawasi pratek shalat santri baru

Pengurus bagian Ubudiyah Pondok Pesantren Sidogiri kembali menggelar pembinaan praktek shalat untuk santri tingkat Tarbiyah Idadiyah Sabtu (27/09) dan bertempat di Aula Kantor Sekretariat Pondok Pesantren Sidogiri ini.

Pembinaan ini bertujuan untuk memberi pemahaman tatacara shalat yang benar terhadap santri baru dan meningkatkan kualitas shalat mereka. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabag) Ubudiyah Pondok Pesantren Sidogiri, Izzadur Rofiq, dalam sambutannya pada malam Sabtu (27/09).

Menurutnya, kualitas shalatnya santri merupakan tolak ukur suksesnya progam Pengurus Pondok Pesantren Sidogiri. “Apabila shalat santri itu baik berarti pendidikan pesantren berhasil. Begitupun sebaliknya apabila shalat santri jelek, berarti proses pendidikannya gagal total,” jelasnya, menirukan dawuh Kiai Hasani bin Nawawi bin Noerhasan.

Dalam pembinaan massal yang memang rutin digelar di tiap awal tahun ini, beliau mengharap kepada santri baru agar meningkatkan kekhusukannya dalam mengerjakan shalat dan menyeragamkan tatanan gerakannya seperti yang dijelaskan di kitab-kitab fiqih al-muktabarah.

“Seperti inilah tatacara takbiratul ihrom yang lebih utama. Jadi nantinya antum-antum kalau takbir seperti ini kita seragamkan. Namun apabila antum menemukan tatanan yang berbeda di rumahnya, atau dimana saja, ya tidak usah ditegur, itu tidak salah, ini hanya cara yang paling utama menurut,” jelas pria asal Jember ini dihadapan ratusan santri baru.

Di samping itu ia juga memaparkan cerita salafus shalih untuk menarik ghiroh santri baru yang notabennya masih di bawah umur 13 tahun, agar mereka termotivasi untuk melaksanakan shalat dengan khusuk.

 

___

Penulis : Muh. Kurdi Arifin
Editor    : Zainuddin Rusdy

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *