Pimpinan Pusat IASS Gelar Nikah Masal untuk Muallaf dan Mustad’afin

share to
Para pasutri nikah masal sumringah mengikuti karakan di  Sekitar desa Kayukebek Tutur Pasuruan

Para pasutri nikah masal sumringah mengikuti karakan di Sekitar desa Kayukebek Tutur Pasuruan

Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Santri Sidogiri (PP-IASS) kembali menggelar nikah massal untuk para muallaf dan mustad’afin. Sebanyak 32 pasang suami istri dinikahkan untuk mendapatkan pengakuan dari Negara secara sah di KUA Kecamatan Tutur dan Tosari, Pasuruan, Selasa (28/10).

Menurut Ketua PP-IASS, HM. Sholeh Abd. Haq, kegiatan ini terlaksana atas kerjasama IASS dan Sidogiri Network Forum (SNF) dengan Dinas Kementrian Agama Kota Pasuruan. “Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Semarak Muharam 1436 H yang dimaksudkan sebagai wujud kepedulian para alumni Pondok Pesantren Sidogiri terhadap muallaf dan mustad’afin yang memerlukan legalitas hukum pernikahan dari pemerintah,” jelas HM. Sholeh dalam sambutan pada acara nikah gratis di Balai Desa Kayukebek, Tutur, Pasuruan, Selasa (28/10).

Kegiatan ini berlangsung meriah dan mengundang perhatian masyarakat. Pasalnya, setelah prosesi akad nikah, diadakan arak-arakan bagi 32 pasangan peserta nikah massal di sepanjang kelurahan Kayukebek, Tutur, Pasuruan.

Tampak saat acara arak-arakan berlangsung, masing-masing pasangan terlihat sangat bahagia. Tak ada perasaan malu saat melintas di depan masyarakat yang menyaksikannya. “Saya sangat senang, karena dapat memiliki surat nikah yang diakui pemerintah,” terang Bapak Lusono (64) didampingi Tremini (59), istrinya.

________
Penulis             : Muh. Kurdi Arifin
Editor              : Zainuddin Rusdi

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net