Sidogiri Penerbit Gelar Bedah Buku, “Dinamika Kajian Kitab Kuning di Pesantren”

share to
Ustadz M. Masyhuri Mochtar bersama Ustadz Moh Achyat Ahmad mengulas buku Dinamika Kitab Kuning di Pesantran

Ustadz M. Masyhuri Mochtar bersama Ustadz Moh Achyat Ahmad mengulas buku Dinamika Kitab Kuning di Pesantran

Seakan menjadi agenda rutin bagi Sidogiri Penerbit (nama baru Pustaka Sidogiri) menggelar launching dan bedah buku setiap menerbitkan buku baru. Untuk tahun ini sudah ada empat buku yang sudah berhasil diterbitkan oleh Sidogiri Penerbit diantaranya buku Dinamika Kajian Kitab Kuning di Pesantren karya Ustadz M. Masyhuri Mochtar.

Pada malam Jumat (20/06) kemarin, buku yang dicetak pada Rabiuts Tsani 1436 H ini, telah dibedah dan dilaunchingkan dengan menghadirkan penulisnya dan Ustadz Moh. Achyat Ahmad, penulis buku Sejarah Hitam Sekte Syiah sebagai pembanding.

Sementara ustadz Alil Wafa, Pemimpin Redaksi Majalah Sidogiri Media, bertindak sebagai moderator dalam acara yang dilaksanakan di Aula Sekretariat Pondok Pesantren Sidogiri.

Ustadz Alil sebagai moderator sedikit menyinggung masalah kesalafan kitab kuning. “Salaf itu tidak selalu identik dengan hal-hal yang kuno, tapi salaf adalah suatu yang selalu baru (aktual) karena yang salaf itulah yang masih otentik,” tutur pria yang juga menjabat sebagai guru sejarah islam tersebut.

Pada acara inti, Ustadz M. Masyhuri Mochtar menyampaikan materi terkait dengan karyanya yang baru diterbitkan itu. Beliau menjelaskan secara detail mengenai bukunya, hingga terkait pemilihan judul buku ‘Dinamika Kajian Kitab Kuning di Pesantren’. “Karena dinamika berarti sebuah kekuatan besar yang dapat mengubah nilai,” jelas lelaki yang juga menjabat sebagai Kepala Perpustakaan Sidogiri itu.

“Buku ini saya tulis sedikit untuk menjawab tuduhan bahwa kitab kuning itu kolot, padahal tidak. Seperti yang dipaparkan Ustadz Alil tadi,” tambahnya.[r-dy]

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *