Pujantri Upaya Pelestarian Kebersihan Pondok Pesantren Sidogiri

share to
Sepi: Tampak dari dalam Pusat Makanan Halâlan Thayyibah masih terlihat sepi

Sepi: Tampak dari dalam Pusat Makanan Halâlan Thayyibah masih terlihat sepi

Agar lebih menjaga keindahan Pondok Pesantren Sidogiri, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Sidogiri berpartisipasi memperlancar program Bersih, Aman, Sehat, Indah, dan Tertib (Basit) PPS dengan membangun Pusat Makanan Santri (Pujantri) atau yang disebut juga dengan Pusat Makanan Halâlan Thayyibah . Program ini bekerjasama dengan pemilik tanah dengan akad sewa yang telah ditentukan sebelum pembangunan dilangsungkan.

Warga Sidogiri yang memiliki stand di area ini harus mengeluarkan biaya Rp. 15.000,- perhari hingga dua tahun (cicil). Setelah itu,  mereka hanya dikenakan Rp. 7.500,- perharinya.

“Kami (Pengurus Laz Sidogiri, red) tidak mengambil laba sepeserpun,” ungkap Ust. Masykuri Abdurrahman, Direktur URZ Laz Sidogiri.

Beliau juga mengatakan, Laz Sidogiri telah menghabiskan dana sebesar 212 Juta untuk program pembangunan warung tersebut.  Hal itu bertujuan untuk membantu masyarakat yang berjualan agar sejahtera. Bahkan, Laz Sidogiri sudah membina dan memberikan pelatihan terbaik pada warga yang memesan warung agar tidak menyediakan makanan yang tidak layak dikonsumsi.

Pusat Makanan Halâlan Thayyibah ini meniru warung Pujasera (Pusat Jajan Sejahtera) yang ada di luar pesantren. Partisipan harus melakukan undian untuk mendapatkan stand di Pusat Makanan Halalan Thayyiba di Kantor Kepala Desa.

“Agar menjadi Menjadi desa EMAS (Entrepreuner, Mandiri, Aman, dan Sejahtera),” harapnya[]

===
Penulis : Abdul Adzim
Editor   : Muh Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *