Banjir Sampang Capai 2 Meter, LAZ Sidogiri Gerakkan Tim Peduli Bersama Gus Ipul

share to

Berjibaku: Relawan LAZ Sidogiri bahu-membahu bersama masyarakat setempat menyalurkan bantuan mengunakan sampan karet

LAZ Sidogiri mengerahkan Tim Peduli Bencana ke Kabupaten Sampang Madura guna menyalurkan bantuan untuk para korban banjir, Kamis (09/02). Banjir setinggi 2,1 meter melanda wilayah Kota/Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Kamis, 9 Februari 2017 yang lalu.

Menurut pantauan relawan LAZ Sidogiri mengatakan, Kelurahan Delpenang Kota Sampang adalah salah satu lokasi banjir terparah dengan ketinggian air 80 cm hingga 2 meter. Puluhan ribu warga mengeluhkan banjir selalu datang menggenangi rumah-rumah mereka. Karenanya warga tidak bisa melakukan berbagai aktivitas.

“Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan 12 desa dan kelurahan terendam. Puluhan ribu warga tidak bisa berbuat banyak. Banjir akibat luapan Sungai Kemuning yang melanda Kota Sampang semakin meluas dan genangan air terpantau semakin tinggi. Bahkan saat kami membagi-bagikan sembako harus mengunakan perahu karet,” ungkap Aminulloh Zain, salah satu relawan LAZ Sidogiri.

Dalam aksi peduli bencana ini, Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf atau Gus Ipul ikut bersama Tim Peduli Bencana LAZ Sidogiri memberikan bantuan kepada para korban. Dalam kesempatan itu Gus Ipul mengungkapkan, terjadinya banjir di Kota Sampang disebabkan kota ini berada 80 cm di bawah permukaan laut, volume air tinggi, air lautnya pasang, adanya pangkalan, sungai menyempit, di hulunya rusak dan ada banyak sebab yang harus diatasi secara bertahap.

“Pemerintah dan lembaga sosial seperti LAZ Sidogiri berusaha untuk menangani. Dengan memperbaiki penyebabnya dan memberikan bantuan langsung kepada para korban banjir,” ujar pria kelahiran Pasuruan tersebut.

Kepala kelurahan Dalpenang, Wakil S.Psi, sangat mengapresiasi solidaritas yang dilakukan LAZ Sidogiri terhadap warganya. “Apapun itu, saat ini kami sangat membutuhkan bantuan. LAZ Sidogiri bersama Gus Ipul sangat pengertian terhadap warga kami dan membagi-bagikan sembako, air mineral, roti dan nasi bungkus langsung ke rumah-rumah warga. Sehingga pembagiannya merata,” katanya penuh syukur.[]

===
Penulis : Ilham Akbar
Editor   : Muh Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami