Rayakan Kemerdekaan dengan Sejuta Doa untuk Pahlawan Bangsa

share to

Menyambut peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-72 berbagai kegiatan serentak dilaksanakan di seluruh pelosok Negeri. Tak terkecuali Pondok Pesantren Sidogiri turut menyambut HUT RI dengan beragam kegiatan. Pada malam Selasa (16/08), PPS menyelenggarakan doa bersama yang dikemas dalam acara pembacaan “Yasin dan Tahlil Untuk Para Syuhada’ Pejuang Kemerdekaan Indonesia”.

Doa bersama ini, dihadiri oleh Majelis Keluarga Pondok Pesantren Sidogiri, Pengurus Harian, Dewan Guru, Seluruh Santri, dan rombongan TNI yang diketuai Letkol Inf. Mulyadi, Komandan Kodim Pasuruan. Dalam sambutannya, Ust. Saifulloh Naji mengingatkan akan pentingnya santri mengenang jasa para pejuang kemerdekaan. Karena Masyayikh Sidogiri juga terlibat aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Acara ini sebagai bentuk syukur kecil kita atas kemerdekaan Indonesia. Walaupun acara kecil ini tidak bisa membalas perjuangan beliau,” sambut Ust. Saifulloh Naji, Sekertaris Umum.

Beliau berharap agar santri terus berkomitmen dalam mencintai NKRI. Karena menurutnya, lahirnya NKRI merupakan atas dasar kecintaan para santri, ulama, orang-orang tua kita dan pejuang dan umat Islam terdahulu.

“Seandainya dulu para santri, ulama’ dan orang-orang kita tidak memiliki cinta kepada NKRI, saya yakin Indonesia tidak akan merdeka,” jelasnya.

Pembacaan Istighatsah ini berlangsung selama satu jam yang dipimpin oleh Ust. Hamim, Guru Senior Madrasah Miftahul Ulum dan ditutup dengan doa oleh Mas Sholeh Abd. Haq, Kepala Urusan TM-TB dan Dai.

Acara serupa juga digelar oleh segenap jajaran Pengurus Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS) Pasuruan bertempat di Gedung IASS, Jl. Raya Sidogiri, Desa Sungiwetan Kec. Pohjentrek Pasuruan yang diketuai oleh H. Abdullah Faqih, Ketua IASS Pasuruan[]

===
Penulis : M. Afifur Rohman
Editor   : Muh Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *