Haul Kiai Hasani Nawawie; Barakah Tujuan Utama Mengikuti Haul

share to

RAPI: Peserta Haul dengan Penuh Takzim Mengikuti Pembacaan Tahlil dari Masjid Jamik Sidogiri yang Dipimpim oleh Ustaz Yasin

Ribuan santri, alumni dan simpatisan, memadati area Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) pada malam Sabtu (02/12), guna mengikuti Haul KH. Hasani Nawawie. Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan tiap tanggal 13 Rabiul Awal di setiap tahunnya. Haul dimulai dengan pembacaan burdah, dilanjutkan dengan pembacaan salawat simtudduror, yasin dan tahlil sampai selesai.

Haul pada tahun ini terbilang sukses, di samping karena banyaknya peserta haul, cuaca pada malam tersebut juga sangat mendukung, sehingga acara sukses terlaksana sampai selesai.

Alhamdulillah, untuk malam ini peserta haul sangat membeludak, buktinya tadi itu berkatnya masih kurang, padahal  berkatnya itu enam ribu. Dan lagi, biasanya peserta tidak sampai ke pos pemanggilan, kalau sekarang, kan, nyampek. Ini tandanya haul tersebut sukses,” ujar Ustaz Hanafi, salah satu panitia haul.

Terkait dengan pulangan maulid yang akan di hapus pada tahun 1440, Ustaz Hanafi berkomentar, bahwa pada tahun tersebut haul akan tetap dilaksanakan, “Karena ini sudah agenda tetap, kalau pelaksanaannya nanti mungkin sama seperti haulnya Kiai Abdul Alim itu,” jelas beliau.

Selain itu, barakah merupakan tujuan utama peserta haul, seperti yang diungkapkan oleh Bapak Ahmad Fadli, Alumni Sidogiri asal Bangkalan, bahwa Pondok Pesantren Sidogiri adalah pondok yang sarat akan barakah.

“Kalau tujuan utamanya pasti barakah, tapi selain itu, saya juga ingin bersilaturrahmi ke Pondok Pesantren Sidogiri. Saya sejak boyong pada tahun 2007, kalau tidak ada udzur saya pasti hadir untuk mengikuti haul ini,” jelas beliau tersenyum.

====
Penulis: Ach Mustaghfiri Soffan
Editor  : Isom Rusydi

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net