Sandal Umum Khusus Santri di Pondok Pesantren Sidogiri

share to

Sandal umum bertuliskan KHUSUS SANTRI DI PPS ini mulai digunakan sejak Dzul Qadah 1442 H. Sandal ini khusus santri di Pondok Pesantren Sidogiri saja, sebagaimana tulisan yang ada di sandal. Biaya sandal diperoleh dari hasil sumbangan Mas M. Aminulloh Bq., Mas H. Achmad Sa`dullah, Mas d. Nawawy Sadoellah, Mas H. Bahruddin Thoyyib dan Mas HM. Abd. Djalil Kamil (bukan uang pesantren). Hal ini merupakan terobosan baru pengurus untuk mengefisienkan waktu ketika turun dari masjid serta menghindari gasab.

Diadakannya sandal umum ini bermula ketika ada seseorang yang melihat santri turun dari masjid. Ia melihat sebagian santri itu tidak langsung menemukan sandal miliknya yang akhirnya menyebabkan macet. Orang tersebut kemudian mengusulkan ide agar disediakan sandal umum untuk santri. Ternyata Mas d. Nawawy juga pernah punya ide seperti itu. Usulan orang tadi pun disetujui oleh Mas M. Aminulloh Bq., Mas HM. Abd. Djalil Kamil dan pengurus yang lain. Tidak hanya menyetujui, para pengurus Pondok Pesantren Sidogiri itu juga menyumbang untuk pembelian sandal tersebut.

Model desain sandal yang dipilih pengurus

Pemesanan dipasrahkan kepada Ust. HA. Baihaqi Juri, Kepala Madarsah Miftahul Ulum (MMU) Aliyah. beliau menghubungi salah seorang teman alumni di Sidoarjo untuk melakukan pemesanan. Sebelum melakukan pemesanan diajukanlah beberapa desain kepada pengurus. Akhirnya, disetujuilah sandal warna hijau dengan tulisan KHUSUS SANTRI DI PPS dan dipesanlah 12000 sandal plus 500 tali sandal.

Biaya yang dikeluarkan mencapai 72 juta lebih, setiap pasang sandal dihargai 6500.

Sandal diantar secara berangsur. Pada bulan Syakban 2000 sandal diantar ke Pondok Pesantren Sidogiri, bulan Ramadan 4000 dan bulan Syawal 4000. Setelah terkumpul 12000, baru dipasrahkan kepada pihak Ketertiban dan Keamanaan (Tibkam) untuk didistribusikan kepada santri.

“Banyak sekali manfaat dari sandal umum ini, antara lain: efisien waktu, menghindari dosa gasab dan hemat karena tidak perlu membeli sandal (disebabkan hilang),” ungkap Ust. Baihaqi kepada redaksi Sidogiri. Net. Beliau berharap agar santri menjaga fasilitas ini dengan baik serta merawatnya.

Penulis: Iwanulkhoir

Editor: Moh Kanzul Hikam

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *