Semangat Mendobrak Perkara Mustahil

share to

Di suatu desa terpencil, hidup seorang pemuda dengan kulit yang hitam. Dia kesehariannya sibuk dengan mencari kayu bakar, lalu dijual untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Suatu hari dia melihat wanita yang sangat cantik, sampai-sampai ia jatuh hati kepadanya. Ia adalah putri seorang raja di daerah tersebut. Tak peduli bentuk fisik dirinya yang hitam, yang penting bagi dia bisa menikah, hidup bahagia bersama dengannya.

Tanpa takut pemuda itu meminta melamar putri raja tersebut. Karena raja melihat pemuda itu orang yang miskin dan tidak kufu’ dengan putrinya, raja menerima dengan satu syarat, yaitu maharnya harus berupa mas permata, intan, berlian dan perhiasan yang sangat mahal. Sungguh tidak disangka, pemuda itu menerima tantangan itu dengan perasaan yakin.

Bergegas pemuda itu memutar otak untuk menjalankan misinya. Terbesit dipikirannya bahwa tempatnya perhiasan ada di dasar laut, tapi ia bingung, bagaimana caranya untuk sampai ke dasar laut. Tanpa pikir panjang ia menguras laut itu dengan satu timba yang dibawanya.

Lama-kelamaan, si ikan melihat pemuda itu menguras air laut. Si ikan mengira bahwa air laut akan habis dan tamatlah hidup para ikan di lautan. Sehingga si ikan lapor kepada pimpinan ikan saat itu, yaitu ikan hiu. Lalu pemimpin ikan mengumpulkan para pembesar ikan dan mencari jalan keluar akan masalah ini. Kemudia diputuskan masing-masing ikan di laut harus mencari intan berlian dan mas permata untuk di lempar melalui mulutnya ke daratan, karena yang diinginkan oleh pemuda itu hanyalah intan berlian dan mas permata. Lalu para ikan-ikan di laut mencari permata ke dasar laut dan menyemburkannya ke daratan, hingga seperti hujan permata.

Kemudia, setelah pemuda melihat kejadian yang seperti hujan permata, ia menghentikan pekerjaan menguras laut dan mengambil serta mengumpulkan butiran-butiran permata yang berserakan di sekitarnya.

Tanpa menunggu waktu lama, pemuda itu membawa permata yang ia dapatkan ke hadapan raja, guna melamar seorang putri. Melihat hasil yang di dapatkan si pemuda, raja terkejut dan tidak percaya dari apa yang didapatkan pemuda itu. Singkat cerita, akhirnya pemuda itu berhasil melamar putri raja dan hidup bahagia bersamanya.

Hikmah Cerita

Hikmah yang bisa kita petik dari cerita ini, bahwa pemuda itu nekat melakukan sesuatu yang mustahil secara akal (menguras laut). Akan tetapi karena pemuda itu berusaha sekuat tenaga dan pantang menyerah, dia bisa mendapatkan apa yang diinginkan walaupun itu mustahil. Maka, satu pesan dari penulis ‘berusahalah sungguh-sungguh walaupun apa yang kalian impikan hal mustahil’.

Hasantholut/Tafaqquh

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami