Generasi Gagal Moral

share to
Tak ada bencana yang lebih mengerikan yang menimpa suatu bangsa melebihi bencana gagalnya moral. Karena jika bencana ini menimpa suatu negeri, maka rutinitas para penghuni negeri itu tidak saja berbuat kerusakan, akan tetapi merusak setiap hal yang sudah baik sekaligus mencegah usaha-usaha perbaikan.
Maka apa jadinya jika kita memiliki generasi yang gagal moral? Kalaupun mungkin mereka menjelma sebagai ilmuwan sekalipun, jika secara moral mereka gagal, maka ilmunya akan diarahkan pada hal-hal negatif yang jelas merusak.
Itulah sebabnya ketika al-Imam asy-Syafii ditanya, “Bagaimana keinginan Anda terhadap adab”? Beliau menjawab, “Ketika aku mendengar satu huruf tentang adab, maka seluruh anggota tubuhku seakan ingin memiliki pendengaran, agar mereka bisa ikut merasakan kenikmatannya.” Beliau ditanya lagi, “Seperti apa semangat Anda dalam mencari adab itu?” Beliau menjawab, “Seperti orang perempuan yang mencari anak sematawayangnya yang hilang.”

Semoga generasi kita mendapat pencerahan dalam persoalan yang sangat serius ini.
#Generasi #Gagal #Moral
#Santri #PondokPesantrenSidogiri #SidogiriMedia

Sidogiri Media edisi 135

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami