M. Aminullah Bq Ingatkan Pentingnya Makanan Halal

share to

Murid Idadiyah menyaksikan acara Wisuda Istimewa ke-6 Madrasah Tarbiyah Idadiyah

“Barang siapa yang tidak merasakan lelahnya mencari ilmu maka selamanya ia akan menelan hinanya kebodohan,” M. Aminullah Bq, Ketua I Pondok Pesantren Sidogiri, mengutip maqolah Imam As-Syafii, saat memberikan sambutan dalam acara Wisuda Istimewa ke-6 Madrasah Tarbiyah Idadiyah, malam Rabu (13/11).

Beliau menegaskan bahwa dalam mencari ilmu pasti melalui cobaan dan kesulitan hidup. Ilmu tidak bisa didapatkan dengan instan, semua harus melalui proses panjang. Bila dibandingkan ulama terdahulu, sehebat apapun usaha yang dilakukan hari ini, belumlah seujung kuku usaha yang dilakukan oleh ulama terdahulu walaupun yang paling rendah.

“Kita pelajari ulama terdahulu dalam menuntut ilmu. Mereka mengorbankan segalanya demi ilmu, tidak peduli siang atau malam. Tidak tidur dan tidak makan, puasa sambung menyambung, jual rumah dan kekayaan,” katanya memberi motivasi pada para wisudawan.

Dalam hal makanan, Mas Amin, demikian beliau akrab dipanggil, menukil kisah Imam Abdullah bin al-Mubarok (tokoh sufi). Dalam kisah tersebut, ayah sang Imam sangat berhati-hati dalam urusan makanan. Tidak sembarang memberikan makanan dan menjauhi perkara haram.

“Jangankan yang haram, yang syubhat pun beliau sangat hati-hati. Jadi jangan sampai biaya hidup anak kita yang sedang menuntut ilmu diambil dari uang yang tidak benar, haram atau lainnya, karena semua itu akan mempengaruhi terhadap apa yang dipelajari,” tegasnya mengingatkan wali santri.

Selain itu, Mas Amin juga menekankan kepada seluruh hadirin, utamanya murid Idadiyah agar hidup sederhana, sekalipun ada kemampuan untuk hidup mewah. Beliau beralasan bahwa kemewahan itu akan membuat kita lalai.

“Sekalipun ada kelebihan uang, jangan makanan dan pakaian yang dibeli, tapi tumpuklah buku sebanyak-banyaknya. Karena fungsi dan keberkahannya amat jauh berbeda.” Kata beliau menutup sambutannya.

===
Reporter: M. Afifur Rohman
Editor: N. Shalihin Damiri

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *