Khasha’ish Aswaja ACS, Pemahaman di Dalam Tatanan Aplikasinya

share to
Tampak KH. Muhibbul Aman Aly saat mengisi kegiatan ACS, Khasha'ish Aswaja

Tampak di dalam gelapnya ruangan, KH. Muhibbul Aman Aly saat mengisi kegiatan ACS, Khasha’ish Aswaja

Malam Kamis kemarin (17/07), untuk pertama kalinya peserta kaderisasi semester satu Annajah Center Sidogiri (ACS) mengikuti Khasha’ish Aswaja yang diadakan di Kantor Istirahat Guru Mabna al-Ghazali. Pemateri adalah KH. Muhibbul Aman Aly, Dewan Pakar Annajah Sidogiri. Acara yang memang telah terjadwalkan bagi anggota yang berada di semester satu ini akan diadakan setiap malam Kamis tertentu. Terjadwal ada tujuh malam Kamis untuk pembahasan Khasha’ish Aswaja ini.

KH. Muhibbul Aman dalam penjelasannya mengenai khasha’ish Aswaja adalah bahwa ini merupakan pemahaman Ahlusunnah wal Jamaah (Aswaja) dalam tatanan aplikasinya, bentuk wujudnya. Berbeda dengan pemahaman Aswaja di kaderisasi Annajah Tsanawiyah yang berupa teori. Secara jelasnya ini merupakan tipologi (ilmu yang mempelajari pengelompokan berdasarkan jenis, red) yang membedakan lainnya dengan lainnya (khasha’ish), karena menurut beliau banyak sekali yang mengaku Aswaja dengan membawa rayah (bendera) yang seolah Ahlusunnah.

Beliau juga menambahkan tentang urgennya khasha’ish, yakni semua peserta harus memahami betul Aswaja secara teori, harus terjadi adanya diskusi tidak diam, dan terakhir mampu merumuskan hasil diskusi. “Ahlusunnah selalu meninggalkan pada sebab-sebab yang dapat menarik fitnah.” Terang beliau menutup perjumpaan pertama malam itu.

______

Penulis    : Musafal Habib

Editor      : Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net