Aneka Ragam Musyawarah di Sidogiri

share to

Taklimiyah Wa Tahfidzul al-Quran (TTQ) adalah instansi yang bertugas menangani kegiatan ma’hadiyah, yang berada di bawah naungan ketua III Pondok Pesantren Sidogiri,  meliputi pendidikan al-Quran, kitab kuning dan juga kegiatan musyawarah, selain musyawarah yang diwajibkan oleh pihak madrasah setiap malam.

Musyawarah merupakan kegiatan wajib bagi seluruh santri Pondok Pesantren Sidogiri tanpa terkecuali, baik dari tingkat I’dadiyah hingga tingkat Aliyah, hanya saja, meninjau dari  tingkatan kelas masing-masing.

Kegiatan musyawarah ini terlaksana dengan pembagian sebagai berikut:

  1. Musyawarah Usbuiyah

Musyawarah ini dilaksanakan tiap Selasa pagi bagi tingkat tsanawiyah dengan materi kitab Tuhfatut-Thullâb. Sedangkan untuk kelas 5 & 6 Ibtidaiyah dan 5 – 7 tingkat Idadiyah reguler serta takhossus, dilaksanakan tiap Jum’at pagi dengan materi kitab Fathul-Qorîb. Khusus bagi santri kuliah syariah dilaksanakan pada setiap malam Selasa dengan materi kitab Fathul-Muîn.

  1. Musyawarah Gabungan antar Daerah

Biasanya kegiatan musyawarah ini tertentu pada malam Jum’at yang terdapat di masing-masing daerah secara bergantian, dan tiap daerah diwajibkan mengutus tiga orang perwakilan, untuk menjadi deleglasi dalam kegiatan musyawarah ini.

  1. Dauroh Musyawarah Tingkat Tsanawiyah (DMTS)

Forum musyawarah ini, diikuti oleh delegasi-delegasi dari beberapa pesantren se-Jawa Timur. Kegiatan ini hanya diselenggarakan satu kali dalam satu tahun.

 

_______

Penulis: Kanzul Hikam

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *