Ubudiyah Adakan Diklat di DAS

share to

Ubudiyah Pondok Pesantren Sidogiri adakan sosialisasi Pendidikan Shalat (Diklat) di Darul Aitam Sidogiri (DAS), Surabaya, Jumat (13/09). Kegiatan dimaksudkan sebagai bentuk perhatian Pondok Pesantren Sidogiri terhadap ibadah shalat di DAS.

Pelaksanaan sosialisasi berada dibawah tanggung jawab Wakil I Ubudiyah dengan pelaksananya adalah 6 personalia panitia Diklat. Sosialisasi diselenggarakan di lantai 3 gedung DAS Surabaya. Dalam Acara Sosialisasi tersebut, peserta tidak hanya datang dari DAS Suabaya, tetapi juga ada yang dari Darul Khidmah Sidogiri (DKS).

Waka I Ubudiyah dalam menjelaskan maksud diadakannya sosialisasi

Waka I Ubudiyah dalam menjelaskan maksud diadakannya sosialisasi

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB, yang dibuka oleh Waka I Ubudiyah, Ustadz Ach. Syaiful Furqon. Dalam sambutannya beliau sangat mengharapkan semua santri dapat mendengarkan dengan seksama penjelasan dari Panitia Diklat berkaitan dengan shalat dan wudhu.

“Kami mengharapkan adik-adik semua bisa mengikuti dengan baik penjelasan yang akan dibawakan oleh Ustadz Mustafid”, pesan beliau.

Setelah sambutan dari Ustadz Furqon, berikutnya diisi oleh Ketua Diklat, Ustadz Mustafid Ibnu Khozin untuk menjelaskan tentang tata cara shalat. Penjelasan semakin menarik dengan menggunakan slide Power Point. Disela-sela penjelasan, ada video tentang tata cara shalat yang sedang diterangkan. Selain itu, untuk menambah antusias dari teman-teman DAS dan DKS, Ustadz Mustafid juga mengadakan kuis dengan pertanyaan-pertanyaan seputar shalat dan tata caranya dengan hadiah yang menarik.

Ketua Diklat Ubudiyah ketika menjelaskan materi tentang shalat

Ketua Diklat Ubudiyah ketika menjelaskan materi tentang shalat

“Ayo, siapa yang bisa mempraktekkan bagaimana caranya sujud yang baik dan benar, nanti akan saya beri hadiah”, tanya Ustadz yang juga menjadi Pemimpin Redaksi Majalah Tauiyah Sidogiri ini kepada peserta.

Sosialisasi berikutnya adalah tata cara wudhu. Pada kesempatan ini, penjelasan dibawakan oleh Asisten Sekretaris I Diklat, Ustadz Fatkhurrahman. Penjelasan yang menggebu-gebu cukup membuat anak-anak yang mengantuk jadi terbangun kembali. Sosialisasi berakhir pada pukul 11.30 WIB yang dilanjutkan dengan shalat Jumat berjamaah di Masjid terdekat. Nantinya, setelah shalat Jumat dan istirahat makan, pendidikan shalat akan dilanjutkan dengan membentuk majelis-majelis yang disesuaikan dengan tingkatannya masing-masing.

Praktek shalat anak-anak DAS

Praktek shalat anak-anak DAS

Untuk semester I Diklat bertempat di lantai 4 gedung DAS Surabaya, dengan materinya praktek wudhu. Sedangkan untuk semester II Diklat bertempat di lantai 3 gedung DAS, dengan materi praktek shalat.

_____________

Penulis : Musafal Habib

Editor    : Ustadz Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *