Daerah A, Daerah Idaman Pecinta Al-Quran

share to

Daerah A yang kini telah menjadi daerah bagi para huffadz

Daerah A- Tahfidz al-Quran adalah salah satu program yang berada di bawah naungan Taklimiyah Wa Tahfidz al-Quran (TTQ). Dari sekian banyak daerah di Pondok Pesantren Sidogiri, hanya Daerah A yang merupakan daerah khusus tahfidz al-Quran. Daerah ini sudah menjadi background Sidogiri sejak zaman dahulu. Sekarang, Daerah A sudah menjadi daerah tetap bagi kawan santri yang mempunyai kemauan serta tekad untuk menghafalkan ayat suci al-Quran.

Pengkhususan daerah ini sebagai satu-satunya daerah yang menampung para penghafal al-Quransecara total, sudah berjalan selama 2 tahun. Pada mulanya hanya jerambah atas saja yang dikhususkan untuk para huffâdz, namun dengan melonjaknya jumlah santri yang ingin menghafalkan ayat-ayat suci al-Quran, akhirnya daerah yang dikenal dengan nama Metropolitan ini murni menjadi daerah khusus tahfidz al-Quran.

Santai: para santri tidur di jerambah atas daerah A

Kegiatan tahfidz al-Quran ini dilaksanakan secara berintegrasi dengan ditempatkan di daerah A sebagai asrama khusus penghafal al-Quran. Kegiatan ini fokus dalam menghafalkan Al Quran 30 Juz.

Selain menghafal firman Allah, ada pula kegiatan lain bagi para huffâdz yang juga berkaitan dengan al-Quran, di antaranya sebagai berikut ;

Jerambah bawah daerah A

  1. Pengajian kitab at-Tibyan yang dilaksanakan setiap Senin sore yang dibacakan langsung oleh pembina Tahfidz al-Quran, Gus H. Abdul Mu’ti Hasona.
  2. Halakah kitab Tafsir Jalalain setiap malam Selasa, dengan tujuan agar para peserta tahfidz tidak hanya hafal pada teks al-Quran, akan tetapi juga mengetahui isi kandungan di setiap lafalnya. Halakah ini bersifat umum bagi setiap santri yang ingin mengikutinya.
  3. Kaderesasi tahfidz bagi murid Ibtidaiyah dan Idadiyah Reguler dengan kerja sama pengurus masing-masing daerah (asrama santri).
  4. Takror silang yang tertentu pada setiap hari Selasa, jam 08.00 sampai jam 09.00 Wis pagi, dan hari Jumat pada jam 10.00 sampai jam 11.00 Wis.

 

________

Penulis: Kanzul Hikam

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *