Evaluasi; Sidogiri.Net Perlukah Perubahan?

share to

 

Tampilan sekarang sejak tahun 2014, masihkah perlu berubah?

Adakan evaluasi setengah tahun, sejumlah redaksi Sidogiri.Net dan Koordinator berkumpul di mushalla Sekretariat Pondok Pesantren Sidogiri, Malam Senin (21/10). Tujuan evaluasi untuk mengukur apakah Sidogiri.Net telah berjalan sesuai program atau tidak, serta mengumpulkan kritik saran segenap redaksi.

Evaluasi juga membahas perubahan penampilan web yang tengah dinantikan segenap redaksi. Untuk itu, Evaluasi mengundang Ust. Samsul Huda Mahfudz selaku Sekretaris I dan atasan Sidogiri.Net serta Ust. Muhammad Iqbal Akkad selaku Kepala Badan Pengembangan Sistem dan Teknologi Informasi (BPSTI). Namun, Ust. Iqbal berhalangan hadir sehingga pembahasan terkait tampilan web masih berhenti di Sekretaris I untuk dilaporkan kembali dalam rapat bulanan.

Pada rapat perdana yang dilaksanakan pada bulan Juni yang lalu, telah disepakati bahwa Sidogiri.Net memiliki program salah satunya adalah update sehari. Dan itu telah dibuktikan dengan dalam sehari, ada satu berita, dan itu telah berjalan hingga kini. Maka, untuk memantapkan kembali program yang telah ada, Sidogiri.Net melalui Koordinatornya, Ust. Albilaluddin al-Banjari adakan evaluasi ini. Selain Ust. Samsul Huda, Evaluasi juga dihadiri oleh Editor dan Pembina Badan Pers Pesantren (BPP) untuk Sidogiri.Net, Ust. Saeful Bahri dan Ust. Saharuddin. Keduanya juga memberikan masukan dan menyampaikan beberapa hal terkait redaksi Sidogiri.Net.

“Dibandingkan dengan awal tahun, tulisan redaksi sudah lebih baik. Namun, perlu banyak latihan lagi agar menghasilkan berita yang baik”, kata Ust. Saeful Bahri ketika diminta menyampaikan perkembangan tulisan redaksi.

Beberapa kendala telah disampaikan masing-masing redaksi. Kendala yang paling nampak dan dirasakan oleh pengunjung web adalah setiap berita yang telah di-update akan hilang jika sudah mencapai empat hari. Karena, Sidogiri.Net untuk rubrik berita yang ditampilkan pada Home hanya mampu menampung sebanyak empat berita saja.

Tampilan Lama Sidogiri.Net

Selain itu, ada masukan dari Ust. Saharuddin, Pembina BPP. Beliau menyampaikan bahwa jarang masyarakat yang mencari berita ke website. Lebih banyak mencukupkan pada berita di media sosial. Menurut beliau, kebanyakan orang membuka web untuk mencari solusi dan prosedur suatu lembaga terkait pendaftaran sehingga apabila Sidogiri.Net hanya menyampaikan informasi, media sosial Sidogiri telah berperan banyak disana. Hal ini membutuhkan perubahan, apakah kedepan Sidogiri.Net hanya fokus pada informasi atau akan menambah kembali rubrik dakwah yang pernah ada saat masih bernama Sidogiri.Com.

Dan semua itu, juga membutuhkan pada perubahan penampilan website, karena tampilan sangat berkontribusi terhadap daya tarik dan minat untuk berkunjung ke Sidogiri.Net. Jadi, apakah Sidogiri.Net perlu berubah?

Penulis: Musafal Habib

Editor:    Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

1 Comment

  1. Saya tunggu pembaruan tampilannya, ya, Ustadz!

    Post a Reply

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *