Lajnah Falakiyah Sidogiri Gelar Kursus Falak Massal

share to

Gus Tolhah sedang menyampaikan materi di depan para peserta

Gus Tolhah sedang menyampaikan materi di depan para peserta

Lajnah Falakiyah Sidogiri (LFS) yang berada di bawah naungan Naib I Kuliah Syariah Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) menghelat kursus falak secara massal, Kamis (13/3) malam.

Biasanya, kursus falakiyah hanya diperuntukkan bagi anggota Kuliah Syariah yang sudah terdaftar, dan yang dipelajari mereka adalah segala hal yang berkaitan dengan ilmu astronomi.

Materi yang dipelajari di kursus yang digelar di Gedung MMU as-Suyuthi Lt.III ini, difokuskan pada pembelajaran tentang pencarian waktu istiwa’. Hal itu, untuk memberi pemahaman pada santri tentang bagaimana sebenarnya waktu istiwa’ yang tepat, dan meluruskan persepsi yang mengatakan bahwa selisih waktu istiwa’ dan waktu WIB itu hanya monoton 30 menit.

“Biar para santri sama-sama tahu,” tutur As’ad, Koordinator II LFS.

Kursus yang dimulai pada pukul 08:30 s.d 10:30 WIB ini diikuti oleh + 300 peserta. Terdiri dari santri semua tingkatan, termasuk tingkat I’dadiyah. Tholhah Ma’ruf , salah satu staf pengajar MMU Aliyah PPS, didaulat sebagai pemateri. Selain penjelasan materi yang berlangsung selama + satu setengah jam, peserta kursus kemudian ditugaskan untuk praktik mecari waktu istiwa’ dengan dipandu oleh koordinator II LFS.

==
Penulis: Suaib Hasan
Editor: Zainuddin Rusydy

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *