LPSI Gelar Talk Show kedua

share to

cermat: moderator saat mengendalikan perjalanan acara

cermat: moderator saat mengendalikan perjalanan acara

Maraknya fenomena akhir zaman di era globalisasi ini setidaknya menginspirasi Pengurus Kuliah Syariah Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) untuk mendekatkan pemahaman-pemahaman keilmuan terkait huru hara akhir zaman (armagedon), dengan menggelar Talk Show kedua, Jumat (21/4).

Di bawah kendali Naib II Kuliah Syariah, Lembaga Penelitian dan Studi Islam (LPSI) menentukan tema tersebut dengan tajuk acara NGOPI (Ngobrol Pintar) bareng LPSI.

Pada talk show yang pertama (09/12), Pengurus LPSI mengangkat tema Feminisme. Sedangkan pada acara yang diletakkan di timur Kantor MQS (Metode Qur’ani Sidogiri) ini membahas huru hara akhir zaman (armagedon).

Dipilihnya tema tersebut selain jarang dibahas di Pondok Pesantren Sidogiri, juga Pengurus LPSI ingin mendekatkan lebih spesifik fenomena huru hara akhir zaman dalam 4 perspektif.

“komitmen kami adalah mendekatkan pemahaman huru hara dalam tinjauan masing-masing disiplin ilmu, sehingga dengan ini pemahaman santri akan lebih meluas,” jelas Juaini, sekretaris acara talk show.

Tema ini dikupas dari berbagai empat sudut pandang, yaitu dari sudut pandang ilmu tafsir, hadis, sejarah, dan akidah. Oleh karena itu pada acara ini didatangkan empat perwakilan dari FK (Forum Kajian) Akidah, FK Tafsir, FK Hadist, dan FK Sejarah untuk dijadikan sebagai narasumber.

Ada tiga babak pada acara talk show kedua ini; Pertama, narasumber mempresentasikan artikelnya terkait dengan tema. Kedua, narasumber mempertanggung jawabkan presentasinya. Dan ketiga, narasumber berdiskusi dengan peserta.

Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Ust. Ahmad Biyadi Busyro Basyar, alumni PPS asal Malang. Di akhir acara ia mengatakan bahwa tema ini tidak akan pernah habis dibahas, karena tema ini sangat enerjik dan dahsyat.

Penulis: M. Saifuddin Ali
Editor: Zainuddin Rusdy

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami