Seminar Strategi & Psikologi Dakwah Habib Baharun; Pesantren Harus Siapkan Dai

share to

Mengamati para dai Islam masa kini, khususnya di Indonesia, Prof. Dr. Habib Mohammad Baharun, SH, MA menyampaikan bahwa, para mubalig saat ini mengalami degradasi moral dan etika dan kualitas mereka jauh bila dibanding dengan para pendakwah Islam di masa dulu. Hal itu disampaikan saat mengisi seminar Strategi dan Psikologi Dakwah di Auditorium Sekretariat Pondok Pesantren Sidogiri, Sabtu (7/6).

“Para dai sekarang banyak menyimpang dari misi utama dakwahnya. Banyak dari kalangan mereka yang berdakwah hanya ingin mendapatkan popularitas,” kata Rektor Universitas Pasim Bandung itu.

Habib Baharun—begitu Beliau akrab disapa—mengatakan, pengaruh kualitas para mubalig saat ini disebabkan dua faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya kualitas keilmuan mereka sangat rendah bila dibanding para mubalig terdahulu yang sudah tidak diragukan ke’alimannya. Sedang, faktor eksternalnya, tantangan mereka dalam menjalani misinya jauh lebih terjal daripada masa dahulu.

Untuk itu, Habib Baharun kemudian melanjutkan, lembaga pendidikan khususnya pesantren-pesantren diharapkan supaya menyiapkan para mubalig yang mumpuni, betul-betul mengajak umat untuk amar makruf nahi mungkar, dan bisa menghadapi tantangan dakwah dengan menggunakan metode atau dakwah yang tidak melenceng dari ajaran Rasulullah SAW.

Seminar yang mengusung tema Mengajak Bukan Mengejek merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi PPS ke-277 & Haflatul Ikhtibar MMU ke-78. Acara ini juga dihadiri oleh Abdulloh Sattar, S. Ag.M. Fil.I (Surabaya), delegasi dari pesantren se Pasuruan, LDNU se Jawa Timur, Pengurus Wilayah Ikatan Alumni Santri Sidogiri (PW-IASS), dewan staf pengajar PPS, murid MMU Aliyah dan redaksi media-media di PPS.

Penulis : M. Husni Mubarok
Editor   : Zainuddi Rusdy

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net