LFS Gelar Kursus Metode Mengetahui Sistem Selisih Waktu Istiwa’ dan Wib

share to
Gus Thalhah Ma'ruf saat menyampaikan presentasi di depan ratusan peserta kursus

Gus Thalhah Ma’ruf saat menyampaikan presentasi di depan ratusan peserta kursus

Jumat (12/02) instansi Kuliah Syariah Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) menggelar kursus falak dengan mempelajari sistem selisih waktu Indonesia bagian barat (WIB) dan waktu istiwa’ (WIS). Kursus ini dilaksanakan oleh Lajnah Falakiyah Sidogiri (LFS), salah satu lembaga kajian yang dimiliki oleh Kuliah Syariah, dengan mendatangkan Gus Thalhah Ma’ruf sebagai pemateri. Beliau adalah staf guru di Madrasah Miftahul Ulum (MMU) Aliyah Sidogiri dan dikenal sebagai ahli astronomi.

Acara ini dihelat di gedung Madrasah Miftahul Ulum as-Suyuthi lantai III. Ust. Zahriyanto, Ketua LFS, mengatakan, “Mengingat waktu istiwa’ di setiap daerah tidak sama, dan sering berubah setiap harinya, maka kami terdorong untuk mengadakan kursus ini. Selain itu, kursus untuk mempelajari waktu istiwa’ ini sangat penting karena berkaitan erat dengan masalah shalat,” jelasnya.

“Setelah kursus ini selesai, kami akan mengadakan praktik langsung di lapangan. Hal ini dilakukan agar peserta tidak hanya paham teorinya saja, tetapi juga bisa menerapkannya,” tambahnya.

Metode yang dipakai dalam kursus ini memakai metode yang dikembangkan oleh Gus Thalhah sendiri dan ditambah metode yang lain. Dalam presentasinya, Gus Thalhah berharap agar kedepan nanti bisa lahir ahli-ahli falak atau astronomi jebolon Pondok Pesantren Sidogiri.

___
Penulis: Akbar Junaedi
Editor: M. Nadi el_Madani

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *