Uji Bakat dengan Lomba Resensi Kitab

share to
Serius: Ust. Alil Wafa saat memberikan pertanyaan kepada salah satu peserta lomba resensi kitab

Serius: Ust. Alil Wafa saat memberikan pertanyaan kepada salah satu peserta lomba resensi kitab

Ahad (11/01), Organisasi Murid Intra Madrasah (OMIM) yang menaungi semua aktivitas murid-murid Aliyah Pondok Pesantren Sidogiri kembali mengadakan lomba menulis resensi kitab Rahmatul-ummah di ruang Auditorium Lt. II Kantor Sekretariat Pondok Pesantren Sidogiri.

Lomba yang dimotori oleh Unit Kegiatan Pengembangan Bakat dan Minat (UKPBM) ini diikuti semua murid Aliyah. Masruhin mengungkapkan, di Madrasah Aliyah terdapat kitab yang sangat cocok untuk dijadikan bahan resensi. Selain mudah dipaham, kitab Rahmatul-ummah ini memuat kajian fikih lintas mazhab yang sangat kontroversial. “Memberikan gairah dalam memahami kitab yang sedang dikaji di semua tingkatan Aliyah,” ujar ketua UKPBM yang berasal dari Bangkalan ini.

Adapun yang bertindak sebagai juri dalam lomba resensi kitab ini adalah Ust. Ahyat Achmad (guru MMU Aliyah) dan Ust. Alil Wafa (Pemred Majalah Buletin Sidogiri). Dalam lomba resensi kitab yang dihadiri sekitar 50-an murid Aliyah ini mendatangkan lima finalis lomba setelah diseleksi langsung oleh kedua juri. Sebelum dinobatkan sebagai juara, setiap finalis diharuskan mempresentasikan karyanya dihadapan para undangan dan juri. Setalah itu, peserta akan diberi pertanyaan oleh juri terkait presentasinya. Kedepannya, pengurus UKPBM akan mengadakan lomba baca kitab dengan materi kitab Fathul-wahhab. (SEF)

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *