Drs. Jailani Abdillah: Metode Pembejaran itu Harus Kreatif

share to
Drs. HM. Jailani Abdillah selaku pemateri saat menyampaikan materinya

Drs. HM. Jailani Abdillah (56) masih tampak semangat dalam menyampaikan metode pengarajan di berbagai tempat

Madrasah Tarbiyah Idadiyah terus berbenah dalam meningkat efekfitas KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), sehingga tercipta suasana menyenangkan dan memudahkan para peserta untuk memahami baca kitab dengan cepat.

Terbukti dengan adanya pelatihan dan bimbingan bagi dewan guru Tarbiyah Idadiyah pada Sabtu malam (05/12). Pelatihan yang bertempat di ruang Auditorium Sekretariat Lt. II. ini menghadirkan Drs. HM. Jailani Abdillah dari Surabaya sebagai pemateri.

Narasumber jebolan IAIN Sunan Ampel yang juga pendiri Yayasan Ibnu Husain Surabaya dalam kesempatan kali ini, banyak menekankan pentingnya sebuah metode dalam mengajar. Menurutnya  dengan metode hal sulit bisa disulap menjadi gampang. “Metode yang paling efektif adalah metode yang kreatif,”ungkapnya.

Selanjutnya, alumnus PPS tahun 1980 an ini menjelaskan konsep awal pengajaran di Tarbiyah Idadiyah diantaranya adalah jadilah Anda sebagai pelatih bukan sebagai pengajar, bangkitkan motivasi murid, ibda’ bi nafsik, kuasai materi pelajaran, mengajar harus menyenangkan dan kreatif, komunikasikan semua kendala, dan kembalikan semua pada Allah.

“Metode pengajaran Tarbiyah Idadiyah ini dikhususkan pada santri yang baru belajar ilmu alat, makanya cara pembelajarannya berbeda dengan yang lain,” pungkas pria yang sudah berumur 6o tahunan namun aktif mengajar dengan pulang pergi dari Surabaya ke PPS selama 40 tahun ini.[]

===
Penulis : Musaif Ali
Editor   : Muh.Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *