Rapat Pimpinan Madrasah Ibtidaiyah Ranting Sukses Terlaksana

share to

Rapat Pimpinan Madrasah Miftahul Ulum (MMU) Ibtidaiyah Ranting Pondok Pesantren Sidogiri tetap terlaksana tahun ini, meski sedikit berbeda karena pandemi. 

Sesuai arahan Ketua I, untuk tidak melaksanakan Rapat Pimpinan (Rapim) Madrasah di kawasan Sidogiri karena korona belum usai, Pimpinan MMU Ibtidaiyah menyiasatinya dengan menggelar Rapim secara berkala.

Untuk ranting Tipe-B, pelaksanaan Rapim dibagi menjadi dua wilayah. Pertama, hari Jumat (09/10) di MMU B-02 Karangsari Sampang bagi wilayah Madura. Kedua, digelar di MMU B-07 Ranupakis Lumajang untuk wilayah Jawa pada hari Ahad (11/10). Sementara, Rapim MMU Ranting Tipe-A pelaksanaannya di MMU A-05 Jeruk Pasuruan pada Senin malam (12/10).

Dalam rapat, Ustaz Muntahal Hadi, Kepala Madrasah Miftahul Ulum Ibtidaiyah induk menjelaskan mekanisme pelaksanaan ujian Semester I di MMU Ibtidaiyah Ranting yang akan dimulai pada Rabu 26 Shafar sampai  Senin 09 Rabiul Awal.

Eks. Direktur Annajah Center Sidogiri ini juga menghimbau agar MMU Ranting turut menjaga nama baik Pondok Pesantren Sidogiri dengan tetap mengawal ajaran Ahlussunnah wal Jamaah, karena ranting merupakan jendela-jendela kecil Pondok Pesantren Sidogiri.

MMU B-07 Ranupakis Klakah Lumajang: Sebanyak 41 Ranting dari 6 kabupaten hadir dalam
Rapat Pimpinan Madrasah Miftahul Ulum Ibtidaiyah Ranting

Pelaksanaan Rapim yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya tentu memberi kesan berbeda pula. Salah satunya, kesempatan bersilaturrahmi ke Pondok Pesantren Sidogiri bagi para Pimpinan Madrasah Ranting tak lagi dimiliki.

Komentar Kepala MMU Ranting

Namun, menurut Ustaz Syaiful Rizal, Kepala MMU B-07 Ranupakis, ada sisi positif dalam format Rapim tahun ini, “Menurut kami, sistem pelaksanaan Rapim yang dilaksanakan di salah satu MMU Ranting ada baiknya, karena masih banyak ranting yang belum tahu terhadap ranting yang lain. Dan kebetulan madrasah kami yang ditunjuk sebagai tuan rumah oleh induk, ini merupakan suatu kehormatan bagi kami.”

Dalam sesi wawancara, pria kelahiran Lumajang ini juga menyampaikan pesan pada Pimpinan Ranting lain untuk tetap semangat menjalankan amanah, “Kepada teman-teman pimpinan Madrasah Ranting, tetaplah semangat dan berkomitmen untuk membawa Madrasah Diniyah ke depan lebih baik di bawah naungan Pondok Pesantren Sidogiri. Mari bersama-sama meyakinkan masyarakat bahwa pendidikan islam sangat penting, karena selama ini Madrasah Diniyah dipandang sebelah mata.”

Penulis: Mohammad Iksan

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

1 Comment

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *