Festival Lomba Ma’hadiyah: Konsep Lomba Presentasi Fikih Cukup Menarik

share to
IMG_8992

Teliti: Ust. Syamsul Abu dan Ust. Aminullah Mazid saat memberikan pertanyaan kepada peserta lomba baca kitab senior di depan asrama K dan B

Taklimiah Wa-tahfidz al-Quran (TTQ) mengadakan Festival Lomba Ma’hadiyah (FLM) antar daerah (asrama) di Pondok Pesantern Sidogiri (PPS). Sebelum lomba dimulai, acara ini terlebih dahulu dibuka dengan sambutan oleh ketua lomba Ust. Bambang Hariyanto, Kamis malam (07/04).

Dalam sambutannya, pria berusia 23 tahun ini menjelaskan bahwa tujuan utama diselenggarakannya FLM ini adalah sebagai bahan evaluasi kinerja kegiatan Ma’hadiyah di PPS selama setahun.

Menurutnya ada sekitar delapan lomba yang diadakan dari setiap tingkatan. Mulai dari lomba baca kitab ala al-Miftah lil-Ulum, lomba Qira’ah al-Quran bit-Tartil, Tahfdiz al-Quran, Cerdas-Cermat, serta ada lomba baru yaitu, presentasi Fikih dari tingkat Aliyah dan Tsanawiyah.

“Lomba presentasi Fikih ini sangat mengesankan bagi kami, karena baru pertama kali digelar di PPS dan membuat para peserta jadi lebih bersemangat,” tutur Ust. Bambang Hariyanto saat menyampaikan sambutan.

Beliau menjelaskan model lomba presentasi Fikih ini adalah peserta menjelaskan bab-bab yang ada dalam kitab Muamalat, kemudian juri menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan bab tersebut.

“Lomba ini kami lakukan dengan konsep yang segar agar lebih menarik dan terlihat elegan, baik bagi para penonton, peserta maupun jurinya,” jelas laki-laki yang menjadi guru pembimbing di madrasah Tarbiyah Idadiyah ini.

 

===

Penulis : Muktafi
Editor: Musaif Ali

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *