Puasa Dzul Hijah; Momen Buka Bersama

share to

Menunggu: Adzan Maghrib yang Ditunggu-tunggu Belum Juga Dikumandangkan

Amalan yang sunnah untuk dikerjakan pada bulan Dzul Hijah adalah puasa Tarwiyah dan Arafah, yang dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 Dzul Hijah, dua hari menjelang Hari Raya Idul Adha. Beberapa santri Sidogiri tampak sibuk menyiapkan makanan untuk buka puasa. Tampak juga yang lain mengadakan buka bersama teman kelas, teman kamar, dan/atau teman daerahnya masing-masing, pada Senin (20/08).

“Meskipun kami berbeda kabupaten, provinsi, atau bahkan negara sekalipun, tapi kami seperti sekeluarga gitu. Pokoknya saya seneng banget pak,” ujar Khoirul Alfin, Daerah J.

Satu hari sebelumnya, yakni pada Ahad (19/08), Kantor Bagian (Kabag) Ubudiyah Pondok Pesantren Siodigiri mengeluarkan selebaran yang bertuliskan himbauan dan panduan terkait puasa Tarwiyah dan Arafah, hal ini di maksudkan untuk memberi tahu santri tentang tatacara mengerjakan amalan tersebut dengan baik dan benar.

“Saya seneng, karena disamping momen ini hanya satu tahun sekali, kami juga bisa berkumpul dan buka bareng teman-teman yang dari rumah. Yang itu, teman saya sekelas, buka bareng teman kelas,” ujar santri berdomisili di Daerah  G, sembari menunjuk sekelompok santri di sebelahnya.

===

Penulis: Ach Mustaghfiri Soffan
Editor  : N. Shalihin Damiri

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *