Sekretaris II; Santri Baru 1439-1440 Mencapai Angka 1945

share to

Statistik: Perkembangan jumlah santri Sidogiri selama sepuluh tahun terakhir

Sejak pendaftaran santri baru Gelombang I hingga Gelombang III dibuka, santri baru terus berdatangan ke Pondok Pesantren Sidogiri untuk mendaftarkan diri. Jumlah pendaftar dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Menurut data yang dikeluarkan oleh Tim Penerimaan Santri Baru, hingga saat ini, jumlah santri baru mencapai angka 1945.

Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah hingga pendaftaran santri ditutup. Hal itu diakui oleh Ust. Abror selaku panitia penerimaan santri baru. “Itu data hingga siang ini. Karena pendaftaran akan terus dibuka, hingga bulan Rajab nanti,” kata Ust. Abror, saat ditemui di Kantor Sekretariat.

“Pendaftaran santri baru tahun ajaran 1439-1440 H dimulai pada (07/08) dan ditutup pada (01/11)  untuk tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah. Sedangkan untuk Idadiyah Al-Miftah & Reguler tutup pada awal Jumadast Tsaniyah 1440,” lanjut Staf Khusus Sekretaris II tersebut. Menurutnya, peningkatan jumlah santri baru pada tahun ini merupakan terbanyak selama kurun waktu sepuluh tahun terakhir dan diprediksi masih terus berlanjut hingga akhir tahun.

“Jumlah ini terbanyak dari jumlah santri baru sepuluh tahun terakhir.” Katanya.

Salah satu faktor meningkatnya jumlah santri baru adalah adanya program akselerasi baca kitab cepat Al-Miftah lil Ulum. Hal ini sebagaimana diakui oleh Mutawakkil, wali santri asal Sukorejo Pasuruan yang berharap putranya mampu baca kitab kuning sejak dini.

“Selain ingin mendapatkan barokah Sidogiri, juga berharap putra kami bisa baca kitab di usia dini dan menjadi anak yang mandiri, seperti anak kecil yang lain.”

 

__________________

Penulis: A. Farid Muflihin
Editor: N. Shalihin Damiri

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami