10 Dzulqo’dah, Pengajian Pengasuh Dimulai

share to

Rabu (10/07), pengajian kepada Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, KH. A. Nawawi bin Abd. Djalil kembali dimulai. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh santri Sidogiri tingkat tsanawiyah, aliyah dan kuliah Syariah non-guru yang tidak memiliki kegiatan di pagi hari.

Dari sekian banyak kegiatan ma’hadiyah diĀ  Pondok Pesantren Sidogiri, mengaji ke pengasuh dinilai sebagai kegiatan yang paling prinsip. Menjadi salah satu tujuan utama para santri yang mondok di Sidogiri, yaitu menimba ilmu dan mendapatkan tarbiyah secara langsung dari kiai.

Mengaji langsung kepada kiai merupakan harapan yang di tunggu-tunggu oleh para santri dan menjadi kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi mereka, karena dengan cara itu mereka dapat beristifadah dan mengambil sanad keilmuan secara langsung kepada beliau, selain bisa menambah wawasan ilmu keagamaan secara langsung atas bimbingan beliau.

“Bagi saya mengaji ke pengasuh itu sangat penting, bahkan lebih penting dari kegiatan yang lain, karena kita mondok itu ke kiai bukan yang lain,” ungkap salah satu santri yang mengaji kepada beliau.

Para santri menempati Surau Daerah H, ruang Masjid Jami’ Sidogiri dan jerambah-jerambah daerah yang telah ditetapkan oleh pengurus daerah. Kelancaran dan ketertiban pengajian pula dikontrol oleh kepengurusan instansi Kuliah Syariah yang bertanggung jawab mengatur dan mengurus pengajian ke Pengasuh sesuai arahan dari Pengurus Pondok Pesantren Sidogiri.

____

Penulis: Kanzul Hikam

Editor: Saeful Bahri Bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami