Perjalanan ACS Satu Semester

share to

Anggota ACS sedang fokus menyimak penjelasan pembina.

Malam Rabu (09/07), kajian Annajah Center Sidogiri (ACS) dibuka dengan pembahasan program ACS selama satu semester oleh Pembina ACS. Penjelasan ini bertempat di ruangnya masing-masing sesuai tahapan kelas yang telah ditetapkan.

Kajian ACS dapat ditempuh empat semester, selama 2 tahun. Berikut perinciannya: semester I diberikan pemahaman terkait dalil-dalil amaliyah Ahlusunah wal Jamaah, semester II membahas dan mengkaji pemahaman akidah Wahabi, semester III mengkaji Syi’ah, semester IV memahami dan mendalami pemikiran Liberal, “Semester pertama fokus pendalaman Aswaja. Selanjutnya, kontra Wahabi, Syiah dan Liberal. Kalau ditotal, selesai selama empat semester, yakni dua tahun.” Ujar Pembina ACS.

Selain pendalaman Aswaja, semester pertama juga membahas mengenai penyimpangan Hizbut Tahrir, mengenai kekhilafahannya. Juga, membahas lebih lanjut mengenai bidah.

Selain itu ACS juga memiliki beberapa program dan kegiatan lain seperti kegiatan internalisasi Ahlusunah wal Jamaah yang dilaksanakan setiap malam Kamis dan dibina oleh Dewan Pakar ACS. Juga ada Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) yang fokus pada pembuatan buku oleh masing-masing tim yang terdiri dari dua kelompok.

Program dan kegiatan ACS ini ditujukan untuk menyiapkan kader santri berpaham Ahlusunah wal Jamaah yang mampu mengembangkan, serta memasyarakatkan ajaran islam Ahlusunah wal Jamaah, sekaligus membentengi masyarakat dari paham-paham menyimpang.

____

Penulis: Muhammad ibnu Romli

Editor: Saeful Bahri Bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami