Diklat Massal Murid Idadiyah Daerah J

share to

Menjadi program tahunan Instansi Bagian Ubudiyah adalah mengadakan Pendidikan Shalat (Diklat) secara massal atau berjamaah bagi santri atau murid baru Pondok Pesantren Sidogiri. Peserta terdiri dari murid-murid Idadiyah yang berada di Asrama Daerah J. Kegiatan berlangsung pada Jumat pagi (23/08) setelah pelaksanaan shalat Dhuha berjamaah di daerah tersebut. Lokasi pelaksanaan di ruang 25, 26, dan 27 Mabna as-Suyuthi Lantai III. Selaku pemateri dan pembimbing adalah Ustadz Syaiful Furqon, Wakil I Bagian Ubudiyah Pondok Pesantren Sidogiri.

Diklat semakin seru dengan penayangan video tuntunan shalat

Dalam pelaksanaannya, Panitia Diklat dibantu oleh beberapa Petugas Pengawas dan Ketertiban (Wastib) Masjid Jami Sidogiri. Acara dimulai pada pukul 07.20 waktu setempat.

Ustadz Furqon ketika menjelaskan tata cara tayammum

Ustadz Furqon ketika menjelaskan tata cara tayammum

Kemudian acara dilanjutkan dengan bimbingan shalat oleh Ustadz Furqon. Pembahasan diawali dengan tata cara bersuci, karena syarat sah shalat adalah suci. Hal yang berbeda pada tahun ini, penyampaian materi dilengkapi dengan layar yang menampilkan video Ubudiyah Sidogiri. Video menampilkan tata cara bersuci mulai dari wudhu, tayamum, hingga tata cara shalat lengkap dengan suara dan penjelasan singkat dibawahnya.

Dalam penjelasannya Ustadz Furqon sangat mengharapkan semua santri Daerah J agar memperhatikan tata cara bersuci yang benar, baik ketika wudhu di sungai, kran, atau ketika wudhu dengan air yang kurang dari dua qullah.

“Harap diperhatikan, karena berwudhu menggunakan air yang kurang dari dua qullah, tangan tidak boleh langsung masuk mengambil air ke dalam wadah, melainkan harus menggunakan gayung terlebih dahulu. Hal ini untuk menjaga agar kita tidak menggunakan air yang telah terpakai”, jelasnya.

Tetap Fokus Mendengarkan walau ngantuk melanda

Setelah menjelaskan secara detail mengenai wudhu dan tayammum, kemudian beliau menjelaskan tata cara shalat yang diawali dengan niat dan takbiratul ihram hingga tata cara salam yang benar. Kegiatan Diklat berakhir pada pukul 08.12 waktu setempat  dan telah diikuti sebanyak 1.259-an santri Daerah J.

1.259 santri Idadiyah Daerah J padati ruang Diklat

_________

Penulis : Musafal Habib

Editor    : Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *