Semut Ibrahim di Liburan Idul Adha 1440 H

share to

Pasukan Semut Ibrahim yang di bentuk oleh pengurus Organisasi Murid Intra Madrasah (OMIM)

Sebagaimana diketahui, Hari Raya Idul Adha 1440 H jatuh pada Minggu 11 Agustus 2019. Dalam momen ini, Pondok Pesantren Sidogiri setiap tahunnya meliburkan kegiatan Madrasiyah dan beberapa kegiatan Makhadiyah selama dua hari (untuk tahun ini jatuh pada hari Ahad dan Senin). Hari libur ini menjadi momen tersendiri bagi beberapa keluarga yang hendak menjenguk putranya di Sidogiri. Bisa dibayangkan, betapa sesaknya jika sehari saja terdapat setengah dari belasan ribu santri yang kiriman. Berapa ton sampah yang akan dihasilkan?.

Untuk mengantisipasi banyaknya sampah, Pengurus Organisasi Murid Intra Madrasah (OMIM) Pondok Pesantren Sidogiri mengerahkan pasukan pembersih, Semut Ibrahim, dibantu oleh pihak Ketertiban dan Keamanan (Tibkam), Petugas Balai Tamu dan petugas parkir, untuk memungut sampah yang berceceran. Semut Ibrahim bergerak dari Gedung Mabna al-Ghazali dan beberapa daerah sekitarnya seperti Gedung as-Suyuti, an-Nawawi dan Balai Tamu yang menjadi titik pertemuan antara santri dan wali santri, sejak hari Ahad (11/08) sampai Senin (12/08), sore ini.

“Saya bersyukur bisa jadi anggota pasukan semut Ibrahim, semoga khidmah saya ini diterima oleh Masyayikh Sidogiri, dan semoga ini menjadi tirakat saya untuk Imni saya tahun ini.” Ungkap salah satu pasukan Semut Ibrahim yang duduk di kelas 3 Aliyah.

Pasukan pembersih dengan nama Semut Ibrahim ini, pertama kali diterapkan pada pemberian hadiah Imtihan Dauri (Imda) II tahun ajaran 1437-1438 H. Penggagas pasukan ini adalah Ust. Abdul Qodir Ghufron, Kepala Madrasah Miftahul Ulum (MMU) Aliyah yang waktu itu menjadi Ketua Panitia Pemberian Hadiah Imda II. Pasukan ini rupanya terinspirasi oleh Aksi Bela Islam 212 beberapa tahun lalu. Pasukan ini kemudian mendapat sambutan positif dari para tamu yang berkunjung ke Sidogiri. Hingga saat ini, pasukan ini tetap eksis menjaga kebersihan Pondok Pesantren Sidogiri dalam beberapa perayaan besar di Sidogiri, termasuk pada Hari Raya Idul Adha.

Salah satu pasukan Semut Ibrahim sedang memungut sampah

Tujuan diadakan kegiatan pungut sampah ini merupakan bentuk sosialisasi agar santri ikut menyukseskan cita-cita pengurus, yakni menciptakan Sidogiri bersih. Pasukan kebersihan ini memiliki jargon “Satu Sampah Sejuta Berkah”.

 

_____

Penulis: Kanzul Hikam

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net