Puasa Tarwiyah dan Arafah: Rutinitas Santri Sidogiri Setiap Tahun

share to

Berpuasa Tarwiyah dan Arafah telah menjadi rutinitas santri Sidogiri setiap tahunnya, karena tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah merupakan momen istimewa bagi umat Islam, sehingga umat Islam yang tidak berhaji dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunah Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pahalanya pun sangat besar, bisa menghapus dosa dua tahun (1 tahun yang lalu dan 1 tahun yang akan datang).

Namun untuk melaksanakannya, sebaiknya diawali dengan puasa Tarwiyah sehari sebelumnya atau pada 8 Dzulhijjah. Ini agar puasa yang dijalankan tidak hanya sehari dan agar tidak menyamai umat lain.

Untuk membantu santri yang hendak sahur, Koperasi Unit 2 dan Giri Caffe buka pada jam 03:30, dan menyediakan beberapa menu untuk santapan santri yang hendak berpuasa.

Sebagian santri yang memilih sahur di Giri Caffe.

“Alhamdulillah saya bisa berpuasa pada tahu ini, semoga Allah menerima puasa saya dan menghapus dosa-dosa saya” Ungkap salah satu santri yang telah berpuasa Tarwiyah dan Arafah, ketika berbuka, tadi sore (10/08).

Bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji, puasa pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah memiliki berbagai keutamaan. Dan yang melaksanakn dua puasa ini akan dianugrahi oleh Allah dengan 10 macam kemuliyaan, yaitu:

  1. Allah akan memberi keberkahan pada hidupnya.
  2. Allah akan menambah harta.
  3. Allah akan menjamin kehidupan rumah tangganya.
  4. Allah akan membersihkan dirinya dari segala dosa dan kesalahan yang telah lalu
  5. Allah akan melipat gandakan amal dan ibadahnya.
  6. Allah akan memudahkan kematiannya.
  7. Allah akan menerangi kuburnya selama di alam Barzah.
  8. Allah akan memberatkan timbangan amal baiknya di Padang Mahsyar.
  9. Allah akan menyelamatkannya dari kejatuhan kedudukan di dunia ini.
  10. Allah akan menaikkan martabatnya di sisi-Nya.

Alangkah banyak keberkahan dan kebahagiaan yang Allah berikan bagi orang yang menjalankan puasa Tarwiyah dan Arafah. Semoga puasa santri Sidogiri dan seluruh umat islam diterima disisi Allah. dan bagi yang tidak berpuasa, semoga dapat melaksanakannya pada tahun mendatang, jika Allah masih memberikan umur panjang. Amin.

_____

Penulis: Kanzul Hikam

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *