Perpustakaan Sidogiri Warnai Maulid Nabi dengan Bakti

share to

Menjelang liburan semester ganjil 1442 H di pesantren; Libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Pengurus Perpustakaan Sidogiri melaksanakan beberapa agenda kegiatan persetengah tahun. Kegiatan tersebut meliputi pengontrolan, penataan dan opname koleksi secara massal. Kegiatan kontroling dan selving merupakan dua rangkaian kegiatan untuk menyukseskan kegiatan opname koleksi. Dalam hal ini, segenap pengurus dan pustawakan saling bersinergi demi kesuksesan agenda Perpustakaan Sidogiri.

Laporan: Fahmi Aqwa*

Malam Jumat, 6 Rabiulawal 1442 H Perpustakaan Sidogiri resmi ditutup untuk sementara waktu. Hal ini berkaitan dengan agenda kegiatan persetengah tahun; pengontrolan, penataan dan opname koleksi secara massal. “Penutupan ini memang dilakukan lebih awal agar kegiatan perpustakaan dapat segera dilaksanakan. Terlebih, Pengurus Perpustakaan Sidogiri menginginkan perpustakaan sudah dapat dibuka kembali saat liburan madrasah berlangsung. Tujuannya agar para santri dapat mengisi waktu libur dengan membaca dan menelaah koleksi Perpustakaan Sidogiri”, jelas Wakil III Perpustakaan Sidogiri, Ust Quddus Zainal kepada Pemred Maktabati.

Teliti: Tiga pustakawan tengah fokus melakukan kontroling di salah satu daerah pemukiman santri.

Selepas shalat Maghrib pada Malam Jumat, 6 Rabiulawal 1442 H, kontrol massal dilaksanakan ke pemukiman santri dan beberapa instansi pesantren. Tepat pukul 18.30 WIS segenap tim kontroling meluncur ke target masing-masing setelah mendapat briefing (arahan) dari Wakil I Perpustakaan Sidogiri, Ust Moh. Kafanil Kafi. ”Mohon hati-hati ketika melaksanakan kontroling karena nama baik perpustakaan pun kalian bawa!” pesan pengurus asal Malang yang kini mengajar di Madrasah I’dadiyah ini. Staf Khusus Perawatan, Dokumentasi&Arsip (Dokusip) dan Kebersihan&Meubelir (KM) menjadi penanggungjawab dalam kegiatan ini.

Penataan koleski kali ini dikoordinir langsung oleh Staf Khusus Penataan Koleksi, Ust. Mastur dengan dipantau langsung oleh Wakil I, Wakil III dan TU Perpustakaan Sidogiri. Kegiatan ini dilaksanakan selepas shalat Jumat, tepatnya pada pukul 2 siang WIS dan selesai sebelum shalat Ashar. Pengurus Perpustakaan Sidogiri mengerahkan 54 pustakawan untuk menyukseskan kegiatan ini. Kegiatan ini diampu langsung oleh Staf Khusus Penataan Koleksi dan Informasi.

Baca Juga: Perpustakaan Sidogiri: Ruang Anak Hadir dengan Desain Baru

Kegiatan opname massal dimulai pada Sabtu, 7 Rabiulawal 1442 H hingga Senin, 9 Rabiulawal 1442 H. Pada kondisi normal, kegiatan opname seperti ini dilaksanakan ketika sudah memasuki masa libur madrasah selama 2 atau 3 hari. Sehubungan dengan ujian yang masih berlangsung, akhirnya opname dilaksanakan 4 hari. Kegiatan yang melibatkan 51 pustakawan ini didampingi langsung oleh Staf Khusus Pendataan, Digital dan Administrasi di bawah koordinasi Wakil I Perpustakaan Sidogiri.

Pada hari Rabu Pagi, 11 Rabiulawal 1442 H Perpustakaan akan resmi dibuka untuk paruh semester kedua. Bertepatan dengan hal ini, Pengurus Perpustakaan Sidogiri akan mengadakan Seminar Konsultan Non-Reguler dengan tema “Mengenali Sosialis-Komunis” yang akan dilaksanakan Pukul 01.00 s.d selesai. Sehubungan dengan kebijakan pengurus pesantren terkait kondisi pandemi, akhirnya Pengurus Perpustakaan Sidogiri memustuskan untuk mengundang Ust HM. Abd. Qodir Mahrus S. Sos, Staf Pengajar Senior MMU Aliyah Pondok Pesantren Sidogiri untuk mengupas tuntas terkait tema ini.

*) Penulis adalah Pemred Maktabati asal Magelang, Jawa tengah.

Baca Juga: Sidogiri Fasilitasi Santri ‘ATM Center’

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *