Tingkatkan Pemahaman Muamalah, TTQ Hadirkan Ust. Alil Wafa Sebagai Qori’

share to

Ust. Alil Wafa, Pemred Sidogiri Media sekaligus staf pengajar MMU Tsanawiyah

Salah satu kegiatan yang ditangani oleh Taklimiyah Wa Tahfidz al-Quran (TTQ) Pondok pesantren Sidogiri adalah pengajian kitab, salah satunya adalah pengajian kitab Taqrirotus-Sadidah fi Masail Mufidah, karangan Syekh Hasan bin Ahmad bin Muhammad al-Kaff. Pengajian yang bersifat umum ini bertempat di surau daerah K yang diasuh langsung oleh Ust. Alil Wafa, pemimpin redaksi (Pemred) Sidogiri Media, sekaligus staf pengajar Madrasah Miftahul Ulum Tsanawiyah Pondok Pesantren Sidogiri, yang dilaksanakan setiap malam Senin dan Kamis, pada jam 10:00 wis setelah kegiatan jam belajar wajib.

Tujuan diadakannya pengajian pasca jam belajar ini selain untuk mengisi kekosongan teman-teman aliyah, juga ingin menarik minat ngaji kitab kawan-kawan ibtida’ dan i’dad reguler yang tidak punya kesibukan, selama teman-teman tsanawiyah melangsungkan musyawarah di madrasah.

Sebenarnya pengajian ini sudah berjalan dari tahun kemarin dan pada tahun sekarang ini sebagai lanjutannya yakni juz 2 bab muamalah dan jual beli , tujuan dari Taklimiyah Wa Tahfidz Al-Qur’an mengadakan pengajian ini adalah untuk menanggulangi kurangnya pemahaman kawan-kawan santri tentang Muamalah,  karena ketika musyawaroh usbu’iyah, teman-teman itu masih belum menguasai betul tentang muamalah dan jual beli tersebut,  dan juga pengajian ini tidak tertentu pada kuliah syariah saja , jika seandainya kawan-kawan santri yang Ibtida’ yang tidak memiliki kegiatan maka boleh untuk mengikutinya.” Ujar Ust. Abd. Bahar, pengurus TTQ yang menangani kegiatan pengajian kitab makhadiyah sekaligus Taklim daerah O.

 

________

Penulis: Wahid*

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

 

*Redaksi Majalah dinding (Mading) ATTAHQIQ

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *