TTQ Tekankan Kedisiplinan Qori’ Kitab

share to

Taklimiyah wa Tahfidz al-Quran (TTQ) melalui Wakil II TTQ yang menangani bagian kitab, mengadakan kegiatan rutin setiap bulan berupa acara koordinasi qori’ kitab. Acara ini dimotori oleh Ust. Misbahul Umam selaku Sekretaris I Bagian Kitab sebagai pembawa acara yang dihadiri langsung oleh Ust. Fahmi Aziz Kepala Bagian TTQ, Ust. Angsuriadi, Bansus Kitab TTQ, dan semua qori’ kitab.

Pertemuan ini merupakan sosialisasi tentang pengajian kitab ma’hadiyah bakda Maghrib. Dalam kumpulan tersebut ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh Pengurus TTQ: Pertama, bagi setiap qori’ kitab harus melapor kepada pihak TTQ atau bisa melalui anggota kontroling yang bertugas ketika tidak masuk majelis dikarenakan udzur.  ‘’Hal ini agar mempermudah mengetahui mana majelis yang kosong dari qori’ tetap, dan bisa digantikan oleh qori’ piket. Maksudnya, agar kegiatan pengajian kitab ini berjalan dengan kondusif.’’ Ujar Ust. Angsuriadi, selaku Bansus Bagian Kitab.

Kedua, diharapkan kepada segenap qori’ harus disiplin.Ketiga, qori’ menjelaskan ‘ibarot-‘ibarot yang dianggap penting dan menimbulkan salah dalam pemahaman, jika dibaca oleh para muta’allim yang masih belum sempurna dalam memahami kitab kuning. Pengurus juga berharap agar qori’ menegur kawan-kawan dari muta’allim yang kurang sopan ketika masuk majelis baik dari sisi berpakaian atau tingkah laku, dan mengarahkan muta’allim menempati majelis yang telah ditetapkan oleh pengurus.

Pengajian kitab ini juga memiliki target sebagaimana yang telah dituturkan oleh Kabag TTQ, bahwa dalam setahun minimal khatam 2 (dua) kitab. “Paling tidak ya minimal harus khatam 2 (dua) kitab selama setahun.”

________

Penulis: Mastur*

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

*Redaksi Mading ATTAHQIQ

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *