Klinik Sidogiri Berikan Bimbingan Kepada Sihatda

share to

Kamis (08/07) Klinik Sidogiri mengadakan pembinaan untuk Petugas Kebersihan dan Kesehatan Daerah (Sihatda) terkait penanganan santri yang sakit di daerah (asrama). Mengusung tema “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat”, acara ini bertempat di Ruang Audatorium Kantor Sekretariat Pondok Pesantren Sidogiri.

Acara ini diikuti oleh seluruh ketua dan wakil kesehatan daerah masing-masing. Hadir sebagai narasumber Dr. Taufik, Dokter Klinik Sidogiri. Dalam hal ini, beliau menjelaskan cara penanganan sementara bagi santri yang sakit yang berada dikamarnya.

Dr. Taufik sedang memberikan penjelasan kepada peserta, tentang penanganan santri sakit.

Pengurus klinik juga menyediakan materi yang berisi tentang cara dan panduan mengobati santri, seperti cara cepat menangani santri yang sakit hingga pemberian obat pada pasien yang sakit. Dokter tetap menghimbau agar berhati-hati dan teliti dalam mengobati pasien. “Meriksa orang sakit itu ada seninya, jadi tidak bisa sembarangan,” kata dokter.

Penanganan yang dilakukan oleh Sihatda ini hanya bersifat sementara. Jika kondisi pasien tetap tidak membaik, maka akan dirujuk ke Klinik Sidogiri agar ditangani lebih lanjut oleh dokter klinik. “Kesehatan daerah hanya diberi wewenang sebisanya saja. Jika tidak bisa, maka langsung bawa saja ke klinik.”

Dokter menghimbau pada semua anggota Sihatda untuk selalu menjaga lingkungan agar bersih dan mewujudkan hidup sehat pada santri, serta selalu memantau kebersihan santri. “Terkadang penyakit muncul bukan dari orangnya tetapi juga dari lingkungan yang kurang bersih,” tegasnya.

Penulis: Muhammad Noval al Fatih

Editor: Moh Kanzul Hikam

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *