Pelatihan Tajhizul Mayyit untuk Wastib

share to
Ust. Baihaqi Juri sedang menyampaikan materi kepada para peserta tajhiz mayit

Pihak Ubudiyah Pondok pesantren Sidogiri menggelar pelatihan tajhizul mayyit pada malam Ahad (07/02/1444). Acara ini bertempat di lt. II Masjid Jamik Sidogiri yang dinarasumberi oleh Ust. Baihaqi Juri. Hadir sebagai peserta seluruh anggota pengawas ketertiban ibadah (wastib) dan didampingi oleh pimpinan Ubudiyah PPS.

Setelah acara dibuka dengan pembacaan surat al-Fatihah, acara dilanjut dengan pengarahan dari Ust. Syaiful Furqon, Kepala Bagian (Kabag) Ubudiyah PPS.

“Tujuan pelatihan ini diadakan guna teman-teman wastib lebih mengerti tentang ibadah santri yang harus diawasi,” ujar sosok yang juga menjadi staf pengajar Madrasah Aliyah. “Insyaallah selain pelatihan tajhizul mayyit para wastib juga akan diberi pelatihan manasik haji dan lain-lainnya,” imbuhnya.

Pelatihan tajhizul mayyit ini dikhususkan kepada Wastib guna untuk menjadi pembina pada pelatihan berikutnya yang akan digelar sebanyak dua kali secara bertahap. Pertama, khusus kepada kelas tiga Tsanawiyah sebagai bekal berangkat tugas. Kedua, berlaku umum kepada semua tingkatan.

Kemudian setelah sambutan dan pengarahan dari pimpinan Ubudiyah acara dilanjut dengan pelatihan tajhizul mayyit oleh Ust. Baihaqi Juri.

Ust. Baihaqi Juri menyampaikan bahwa hal-hal yang segera dilakukan terhadap orang meninggal, yaitu segera diumumkan kapan ia akan dikuburkan, segera diambil alih tanggungannya, dan segera dimandikan.
Selain itu, beliau menjelaskan bahwa menyalati, memandikan, dan mengafani itu merupakan hak ahli waris.

Praktik: Bukan hanya materi, tetapi Ust. Baihaqi juga memberikan contoh cara merawat mayit

Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Hal itu terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diutarakan. Acara berakhir pada pukul 11.00 WIs.

Penulis : Ulil Absor

Editor: Nur Hudarrohman

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *