BeritaUnggulan

Kunjungi Sidogiri, Habib Hasyim bin Abdulloh al-Hamid Tekankan Pentingnya Akhlak

Seusai berkunjung ke Pondok Pesantren Dalwa, Bangil, dan Pondok Pesantren Sunniyah Salafiyah, Kraton, Habib Hasyim bin Abdulloh al-Hamid menyempatkan diri berkunjung ke Pondok Pesantren Sidogiri, Senin (17/07). Dalam lawatannya kali ini beliau disambut oleh pengurus Pondok Pesantren Sidogiri di ruang auditorium Sekretariat Lt. II.

Hadir dalam acara sambutan tersebut, Ust. HA. Saifulloh Naji, Sekretaris Umum Pondok Pesantren Sidogiri, dan Ust. A. Saifulloh Muhyiddin, Ketua II Pondok Pesantren Sidogiri. Hadir pula Ust. Mahbub Sonhaji, Kepala Lembaga Pengajaran Bahasa Arab dan Asing (LPBAA), serta jajaran dewan guru LPBAA.

Potret Suasana Daurah Ilmiah Habib Hasyim bin Abdulloh al-Hamid

Hal pertama yang beliau sampaikan adalah untuk selalu bersyukur ditakdirkan menjadi pencari ilmu. “Kalian semua harus bersyukur telah mendapatkan pemberian Allah yang agung, yaitu ilmu. Allah memberikan rezeki kepada siapa pun, tetapi rezeki berupa ilmu hanya Allah berikan kepada orang-orang yang dicintai-Nya,” ujar ulama asal Hadramaut ini.

Habib Hasyim sangat menekankan pentingnya berakhlak. Dalam penjabarannya, beliau banyak menceritakan sejarah ulama besar yang sukses dalam kehidupan mereka karena akhlak yang baik. “Akhlak yang baik itu memiliki pengaruh yang besar, contoh Walisongo yang sukses menyebarkan Islam di bumi Nusantara ini karena kelembutan dan bagusnya akhlak mereka,” papar Habib Hasyim.

Tak luput juga, dampak negatif akhlak yang buruk pun dibahas. Beliau menyajikan fakta terkait semakin meningkatnya kasus perceraian sebagai contoh besarnya efek negatif akhlak yang buruk. Dalam pandangan beliau, faktor utama perceraian adalah karena minimnya pendidikan akhlak yang baik.

Seusai pemberian cenderamata dari pengurus PondokPesantrenSidogiri, beliau memberikan hadiah balik berupa karya ilmiahnya yang belau tulis. Judul karya Habib Hasyim itu, Yanaabii’ul-Qiyaami Irsyadatun-Fikriyah wa Sulukiyatun-Tarbawiyah yang membahas teladan akhlak Rasulullah.

Penulis: Muhammad Faqih
Editor: Muhammad Ilyas

Shares:
Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *