Habib Al-Idrus: Tahun Baru Islam Momentum Untuk Berhijrah

share to
10711074_588885527907206_3651328302456178218_n

Ribuan santri dengan baju putih-putih, memadati Lapangan MMU as-Suyuthi

Dalam rangka memperingati datangnya tahun baru Islam 1436 hijriah, Pondok Pesantren Sidogiri menggelar pengajian umum pada malam Sabtu (25/10).  Acara yang bertempat di Lapangan MMU as-Syuyuti ini dimotori oleh Ikatan Santri Sidogiri (ISS) Konsulat Lumajang dan Probolinggo. Habib Idrus bin Muhammad Al-Idrus  dari Surabaya, hadir sebagai pembicara. Acara rutinan ini dihadiri oleh Pengurus Harian, Pengurus Pleno, asatidz, semua santri, dan undangan.

Menurutnya awal tahun baru Islam adalah momen untuk berintropeksi diri dan mewujudkan diri kita untuk selalu menjadi yang lebih baik lagi. “Maka dari itu sucikan selalu niat kita dan carilah ruh dari amaliah kita. Agar ibadah kita tidak sekadar menjadi ritual keseharian belaka. Coba kita piker, kenapa para salafus shaleh mampu melakukan ibadah berjam-jam. Bahkan tidak lekang dengan hitungan tahun. Mereka itu telah merasakan manisnya ibadah dari saking ikhlasnya,” ungkapnya.

Sementara itu, menurutnya, sudahkah kita mengamalkan ilmu yang telah kita peroleh selama ini? “Aku yakin dari kalian sudah banyak sekali yang mendengar Hadis fadilah shalat sunnah rawatib sebelum Dhuhur. Namun berapa dari kalian yang istikamah mengerjakannya?” tanyanya. Beliau juga banyak menceritakan para ulama salafus shaleh yang patut untuk dijadikan ibroh dalam pengamalan ilmun dan ikhlasnya.

“Wali Songo yang hanya sembilan orang mampu menjadikan Indonesia sebagai Negara terbesar umat Islamnya di dunia. Itu semua karena murninya niat mereka,” terannya. Beliau melanjutkan, “Seandainya tidak ada niat suci dari muassis (Pendiri-red) Pondok Pesantren Sidogiri tidak akan besar seperti saat ini,” jelasnya.

Di akhir tausiyahnya beliau berharap dengan adanya pergantian tahun ini, semoga menjadi awal baru untuk hijrah dari kejelekan menuju kebaikan, dari kemalasan  menuju kesemangatan.

__________
Penulis             : Muh. Kurdi Arifin
Editor              : Zainuddin Rusdi

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami