LPBAA Datangkan Motivator dari PP. Dalwa, Bangil

share to
Muhammad Bahri saat memberikan motivasi bahasa kepada santri Asrama    K di mushalla asrama

Muhammad Bahri saat memberikan motivasi bahasa kepada santri Asrama K di mushalla asrama

Kamis (23/01), Pengurus Lembaga Pengembangan Bahasa Arab dan Asing (LPBAA) kembali mendatangkan salah satu mudarris (staf pengajar) dari Pondok Pesantren Darul Lughah wa Da’wah, Bangil, Ust. Muhammad Bahri untuk memotivasi santri yang bermukim di asrama khusus berbahasa Arab dan Inggris, yaitu asrama K dan E. Acara ini diletakkan di asrama K dan E.

Acara ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara pengurus LPBAA dengan PP. Dalwa.  Sebab, di lain kesempatan Pengurus PP. Dalwah juga mengirimkan beberapa santrinya untuk mengikuti kegiatan musyawarah fiqhiyah berbahasa Arab yang diselenggarakan LPBAA di setiap semester.

Menurut Muhammad Bahri, bahwa bahasa yang pertama kali didengar oleh manusia adalah bahasa Arab. Bahasa ini langsung dikenalkan oleh kedua orangtua yang baru mendapatkan momongan. Bayi itu diazani dan diikamahi menggunakan bahasa Arab.

“Barangsiapa yang berbahasa Arab dengan niatan iqtida’ dan ittiba’ pada lelampah Nabi saw, maka setiap perkataan yang ia ucapkan akan berbuah pahala, meski hanya satu huruf,” terang laki-laki yang menjadi mudarris di PP. Dalwah ini di mushalla Asrama K setelah kegiatan pembacaan dibaiyah.

Sebelum mengakhiri pidatonya, Muhammad Bahri memberi metode belajar bahasa Arab yang efektif dan mudah. Ia menjelaskan, bahwa niat adalah senjata ampuh dalam mempengaruhi proses pembelajaran.

“Kalian harus berbahasa Arab di mana pun itu. Jangan sekali-kali mendengarkan perkataan orang lain tentang kita,” katanya. “Selain niat, menghafal mufradat Arab setiap hari harus dijadwal secara kontinu lalu hafalan itu langsung dipraktekkan kepada teman kita,” tambahnya di hadapan 400 santri Asrama K.

Di akhir acara, santri diberi kesempatan untuk bertanya kepada narasumber terkait problem kebahasaan dan metode-metode pembelajaran yang bagus. (SEF)

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami