Pengurus Harapkan Partisipasi Orang Tua Wisudawan Idadiyah Saat Liburan

share to

Proses menuju wisuda bukan suatu yang instan, butuh banyak pengorbanan untuk mewujudkan hal ini. Begitulah pesan yang disampaikan oleh Ust. Qusyairi Ismail, Koordinator Tarbiyah Idadiyah dalam acara prosesi wisuda, Kamis (17/08).

“Gurunya kami latih tiap malam, sementara murid kami didik mulai bangun tidur sampai tidur lagi. Maka dari itu menjelang libur Ramadhan ini, kami pasrahkan kepada orang tuanya. Jangan sampai hasil yang sudah didapat ini hilang kembali,” harap beliau kepada wali wisudawan.

Untuk itu, dalam pertemuan yang bertempat di lapangan barat Mabna as-Suyuthi ini, pengurus memberi buku panduan sebagai bahan pertanyaan terkait materi al-Miftah Lil Ulum kepada wali wisudawan. Agar libur Ramadhan nanti mereka tetap belajar dan berusaha untuk meningkatkan pengetahuannya dalam memahami kitab kuning.

Sementara HM. Aminullah Bq, Ketua I PPS, banyak menjelaskan kelanjutan progam Idadiyah. Di antaranya, bagi murid yang lulus wisuda, tahun depan akan ditempa lagi pemahaman kitabnya di kelas takhasshus. Bagi yang lulus takhasshus bisa langsung masuk kelas VI Ibtidaiyah.

“Namun tidak menutup kemungkinan lulusan takhasshus bisa naik ke tingkat Tsanawiyah asal bisa lulus tes lanjutan. Sementara bagi yang tidak lulus akan ditetapkan di kelas lima atau empat Ibtidaiyah,” tandasnya di hadapan para wisudawan beserta walinya.

Lebih lanjut beliau sangat mengharap dukungan dari para wali santri untuk tetap membimbing putranya saat pulangan nanti. Karena menurutnya anak Idadiyah sudah dianggap mampu dalam memahami kitab walau hanya sebatas tingkat dasar, namun apabila terus diasah akan mengalami perkembangan.

“Terbukti, kelas takhasshus di tahun ini sudah ada yang bisa menjuarai lomba baca kitab tingkat Jawa Timur. Bahkan ada juga yang bisa mensyarahi kitab karya Syaikhona Cholil Bangkalan,” ungkapnya menyebut prestasi yang ditorehkan murid Tarbiyah Idadiyah.[r-dy]

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami