Sambut Tahun Baru Islam dengan Aksi Donor Darah

share to
Djawadi, Kepala Bagian Unit Donor Darah (UDD) PMI Mojokerto mengemasi kantong darah yang telah dihasilkan

Djawadi, Kepala Bagian Unit Donor Darah (UDD) PMI Mojokerto mengemasi kantong darah yang telah dihasilkan

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah, Rabu (14/10) LAZ Sidogiri mengelar aksi donor darah berkerja sama dengan Klinik Sidogiri dan PMI (Palang Merah Indonesia) Mojokerto. Bakti sosial yang mengusung tema “Satu Tetes Darah Anda, Bermanfaat Bagi Orang Lain” ini bertempat di halaman Kantor Seketariat Pondok Pesantren Sidogiri dan diikuti oleh santri dan simpatisan.

Kegiatan donor darah ini merupakan agenda rutin LAZ Sidogiri yang diselenggarakan tiap awal tahun baru Hijriah. LAZ Sidogiri mengetahui masih banyak masyarakat yang membutuhkan darah. Maka itu, kegiatan ini sengaja ditempatkan di depan Kantor Sekretarit Pondok Pesantren Sidogiri dimaksudkan agar stok kantong darah yang disediakan PMI Mojokerto dapat terpenuhi.

Terbukti, para santri yang akan mendonorkan darahnya sudah berkumpul sebelum kegiatan dimulai. Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 13.00 siang ini telah mengumpulkan 200 kantong darah yang telah disediakan.

“Rasa solidaritas para santri tidak diragukan lagi. Antusiasme pendonor dimulai lebih awal sebelum pihak PMI Mojekorto tiba dilokasi,” tutur M. Ahyan Fadli, Kepala Klinik Sidogiri di sela-sela kegiatan berlangsung.

Namun, dari ratusan santri yang mendaftarkan diri, tidak semua bisa mendonorkan darahnya, karena mereka diharuskan memenuhi beberapa persyaratan medis yang meliputi tensi darah, berat badan yang ideal, kecukupan waktu tidur, tidak berpenyakit, dan tidak mengonsumsi obat minimal sejak sehari sebelumnya.

“Pendonor tidak mengidap  Hepatitis A-B, sipilis, dan HIV AIDS,” ujar Djawadi, Kepala Bagian Unit Donor Darah (UDD) PMI Mojokerto.

===
Penulis : Ilham Akbar
Editor    : Husni Mubarak

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net