LPSI: Belajar Usul Fiqih Harus Mengerti Gramatikal Arab

share to
Gus Achmad Badruttamam Hasan MA sebagai narasumber saat menyampaikan materi nya

Gus Achmad Badruttamam Hasan MA sebagai narasumber saat menyampaikan materinya

Ahad (30/11) Kuliyah Syariah melalui LPSI (lembaga penelitian studi islam) kembali mengadakan Diskusi Panel dengan tema “Membumikan Ushul Fiqih”. Acara yang bertempat di Aula Kantor Sekretariat ini diikuti oleh seluruh anggota Kuliyah Syariah dan delegasi dari beberapa murid di tingkat Tsanawiyah mendatangkan Gus Ahmad Badruttamam Hasan MH, Mutakhorrijin Al-ahqaf Yaman Hadramaut.

Dalam penuturannya  Gus Badrut -panggilan akrab Gus Ahmad Badruttamam Hasan menjelaskan   Definisi ushul fiqih secara global, metodologi penggunaannya, dan syarat-syarat penggunanya.

“Ilmu usul fiqih itu yang ada di bab al-Qur’an dan Hadis itu semuanya memakai kaidah bahasa arab karenanya tidak  mungkin untuk diperbarui dan dirubah jadi tidak perlu terpengaruhi seorang yang mengaku pemikir yang mengajak kita untuk memperbarui kaidah-kaidah usul fiqih karena dianggap sudah usang,” ungkap pria yang tinggal di Seladi Kejayan Pasuruan ini.

Menurutnya usul tanpa bahasa Arab tidak bisa diamplikasin. “Hal itu tidak mungkin bisa dilakukan karena ilmu usul fiqih itu harus menggunakan kaidah bahasa Arab dan kaidah Bahasa Arab itu tidak bisa dirubah” ujar narasumber dalam penyampaiannya.

Lanjutnya beliau menjelaskan bahwa beberapa manfaat ilmu ushul fiqh ini di antaranya adalah sebagai alat untuk ijtihad, menggali hukum secara langsung dari dalil-dalil al-Quran, hadis, ijma’ dan qiyas. Tanpa ushul fiqih seseorang tidak akan bisa menggali hukum dari al-Qur’an dan Hadist secara tepat. Namun menurutnya hal ini sulit diperaktek secara langsung. “Ya minimal kita sudah tahu bagaimana hukum diproses dengan dengan mengintip racikan yang sudah matang dari Ulama Salaf.” tuturnya.[]

Penulis : Achmad Siddiq
Editor   : Muhairil Yusuf

 

 

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *