M. Masyhuri Mochtar: Perpustakaan Merupakan Jantung Keilmuan Santri

share to

Ilustrasi: Wakil II Perpustakaan Sidogiri, Roseq Mutrofin mentraining peserta magang perpustakaan.

Ditinjau dari perkembangannya, Perpustakaan Sidogiri terus mengalami peningkatan dan kemajuan yang signifikan. Baik dalam segi pelanyanan maupun kelengkapan fasilitas. Hal tersebut tidak lepas dari Usaha Pengurus dalam mengelola manajemen Perpustakanan. Seperti yang sudah dikatakan oleh Kepala Perpustakaan Ust. M. Masyhuri Mochtar bahwasannya Perpustakaan merupakan sarana penunjang bagi keilmuan Santri Sidogiri, tentu kelengkapan koleksi merupaka inti dari keberadaan perpustakaan.

“Perpustakaan merupakan jantung bagi keilmuan Santri. Jadi, jika ingin wawasannya lebih, Perpustakaan bisa dijadikan solusi.” Ungkap Ust. Masyhuri Mochtar.

Terbukti, jumlah pengunjung setiap harinya mencapai kurang lebih mencapai 1200 pemustaka dengan prosentase 32 ribu pengunjung dalam setiap bulannya dari data presensi pemustaka pada tahun ajaran 1438 H ini. Mereka yang hadir kebanyakan mencari refensi tambahan dari pelajaran yang diajarkan di Madrasah.

“Jumlah pengunjung meningkat pesat. Kalau dulu-dulu hanya koleksi 2×4 (Klasifikasi koleksi untuk ilmu fiqih dan terkait. red) saja yang banyak terbaca. Namun saat ini ruang hadits dan ruang sejarah selalu sesak dengan pengunjung,” jelas Mustagfiri, salah satu pustakawan yang sedang piket pada Senin malam (04/04).

Bahkan untuk tahun ini Perpustakan Sidogiri berhasil menambah sekitar 1.500 examplar koleksi baik berbentuk kitab maupun buku. Ketlka ditanya prihal anggaran yang telah dihabiskan, Rozeq Mutrofin mengungkapakan bahwa, saat ini anggaran untuk belanja koleksi umum meliputi buku atau kitab sebesar 90 juta dan koleksi anak sebesar 15 juta.

“Memang jika hanya dibuat untuk mendalami kitab-kitab yang ada di Madrasah, fasilitas perpustakaan sudah cukup lengkap. Namun, untuk melangkah pada ilmu lainnya, perpustakaan jauh dari kata-kata lengkap,” kata Rozek selaku Ketua II Perpustakaan.[]

====
Penulis : M Afifur Rohman
Editor   : Muh Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *