Perpustakaan Sidogiri Dicanangkan Menjadi Penyedia Refensi Utama Karya Ulama Nusantara

share to

Rapi: Berderet Koleksi tertata rapi sesuai dengan Klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) di ruang hadist Perpustakaan Sidogiri

Ada banyak hal yang menjadi terombosan Perpustakaan Sidogiri dalam meningkat progam kerjanya. Di antaranya pada tahun ini Perpustakaan Sidogiri memiliki program pengadaan koleksi karya Ulama Nusantara. Target dari pengurus, Perpustakaan Sidogiri akan menjadi kiblat utama referensi karya ulama nusantara.

“Untuk skala kitab yang ada saat ini masih dalam lingkup karya ulama pulau jawa. Kita masih lobi sana-lobi sini untuk mengumpulkan koleksi. Jadi masih bertahap,” ungkap Wakil II Perpustakaan, Rosek Mutrofin ketika ditemui di kantornya pada Sabtu (01/04).

Dalam mengupayakan progam ini, menurutnya perpustakaan menyediakan anggaran belanja kitab dan buku sebesar 90 juta rupiah. Sementara itu Perpustakan Sidogiri pada tahun ini sudah berhasil menambah sekitar 1.500 examplar koleksi baik berbentuk kitab maupun buku namun itu mencapai targer dalam pengadaan karya Ulama Nusantara.

“Memang jika hanya dibuat untuk mendalami kitab-kitab yang ada di Madrasah, fasilitas perpustakaan sudah cukup lengkap. Namun, untuk melangkah pada ilmu lainnya, perpustakaan jauh dari kata-kata lengkap,” tuturnya.

“Maka dari itu, bagi Santri ataupun masyarakat yang berketepatan berkunjung ke perpustakaan dan tidak menemukan kitab yang dibutuhkan tidak tersedia di perpustakaan. Kami siap untuk pengadaan kitab tersebut. Dengan ketentuan koleksinya memang dibutuhkan,” tambahnya.

Di samping itu, pria yang juga menjabat sebagai desaigner senior PPS ini, mengharap bagi alumni dan simpatisan yang memiliki atau mengetahui keberadaan karya Ulama Nusantara untuk menginformasikan kepada Pengurus Perpustakaan Sidogiri via nomor 0811-3476-649.

“Ya kalau memang kitab itu masih ada yang menerbitkan akan beli untuk koleksi perpustakaan. Kalau memang kitab itu sangat langka kami akan memijamnya untuk kami gandakan,” harapnya.[]

Penulis : M Afifur Rohman
Editor   : Muh Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net