Habib Umar bin Muhammad Assegaf; Pesantren Itu Surga Dari dunia

share to

Pidato: Habib Umar bin Muhammad Assegaf saat persentasi dihadapan Warga Daerah K dan B.

Bertepatan dengan pemberian hadiah Semarak Lomba Bahasa Inggris dan Asing (SBAI) yang diselenggarakan oleh instansi Lembaga Pengemabangan Bahasa Arab dan Asing (LPBAA), Habib Umar bin Muhammad Assegaf menyampaikan pentingnya memahami al-Quran secara menyeluruh kepada segenap santri yang berdomisili di Daerah B dan K, sebagai daerah pemukiman khusus bahasa arab, Jumat (02/03).

“Sungguh mulia bahasa Arab itu. Buktinya al-Quran berbahasa Arab. Bahkan di surga nanti, kita akan berbicara menggunakan bahasa Arab,” ujar Habib Umar.

Ia juga menekankan, agara bersungguh-sungguh dalam belajar. Menurutnya santri berpotensi tinggi untuk mandalami ilmu bahasa. Dalam pidatonya, Habib Umar menjelaskan dengan logis tentang bahasa Arab dan keutamaannya daripada bahasa yang lain. Menurut beliau, Nabi Muhammad saw membanggakan bahasa Arab karena tiga hal. Pertama, karena Nabi dipilih oleh Allah dari bangsa Arab. Kedua, karena bahasa Arab merupakan bahasa al-Quran. Ketiga, karena bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh penduduk ahli surga.

“Allah memilih Nabi dari kalangan bangsa Arab, yang mana bangsa tersebut memiliki keistimewaan yang tidak terdapat pada bangsa lain. Keistimewaan itu dikarenakan bangsa Arab tidak memiliki rasa dendam antar sesama,” jelas Habib yang pernah belajar ilmu agama di Hadramaut.

“Orang yang paham bahasa Arab akan mudah menggali ilmu dari ulama secara langsung atau membaca berbagai karya ulama yang sudah banyak tersebar hingga saat ini. Sedangkan yang tidak paham bahasa Arab hanya bisa mengandalkan kitab terjemahan dan itu sifatnya terbatas,” tambahnya.

Orang yang belajar bahasa Arab, lanjut beliau, termasuk golongan orang-orang yang beruntung. Secara mutlak bahasa yang terdapat dalam al-Quran adalah bahasa paling mulia ketimbang yang lain. Juga, orang-orang yang belajar bahasa Arab itu berarti dia belajar sesuatu yang terdapat pada diri Nabi Muhammad saw.

“Menurut ulama, nanti di surga semua penghuninya akan berbahasa Arab sekalipun sebelumnya mereka tidak bisa berbahasa Arab (tidak belajar bahasa Arab) di dunia,” imbuhnya di hadapan santri Asarama K dan E.

Selain menerangkan keagungan bahasa Arab, Habib Umar juga menjelaskan bagaimana seorang santri agar giat dalam menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh.

“Pesantren itu Surga dari dunia ini. Orang yang mondok di Pesantren maka Allah Swt akan menjamin segala rezekinya dan kedua orangtuanya. Selagi santri itu beribadah kepada Allah Swt dengan niat yang benar,” terangnya.

“Satu pesan yang ingin saya sampaikan kepada Antum, ambillah ilmu itu dari hati dan ajarkan ilmu itu dari ilmu. Kalau antum bertamu kepada orang alim maka persiapkan hati antum. Jika antum bertamu kepada orang kaya maka persiapkan baju antum,” pesan beliau, Dai asal Pasuruan.

Sebelum berakhirnya acara, beliau memberi kesempatan kepada peserta untuk bertanya. Acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah.

========

Penulis: A. Mustagfiri Soffan
Editor  : Isomuddin Rusydi

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami