ACS Adakan Pelatihan Menulis Artikel

share to

Annajah Center Sidogiri (ACS) adakan pelatihan bagi anggota semester 1 yang bertempat di ruang Istirahat Guru Gedung al-Ghazali, malam Rabu (24/09). Tujuan diadakannya pelatihan ini untuk mengetahui cara menulis artikel pendek. Sebagai pelatih adalah Ust. Achyat Ahmad.

Hadirkan Ust. Achyat untuk pelatihan menulis artikel

Tidak seperti kebanyakan pelatihan-pelatihan menulis yang ada, untuk pelatihan di ACS ini lebih menekankan caranya bukan sekedar hanya motivasi menulis saja. Ust. Achyat, selaku Direktur Utama ACS mengawalinya dengan memberitahukan cara menulis harus memiliki kerangka tulisan.

Baca juga: Seminar OMIM-UKPI: Hadirkan KH. Safrijal Bin Muhammad Subadar

Dalam kerangka tulisan, terdapat tiga poin yang disebutkan Ust. Achyat. Yang pertama, kerangka tulisan itu diawali dengan deskripsi masalah. Deskripsi masalah kaitannya dengan hal yang sedang terjadi. Dari masalah yang terjadi lalu diarahkan ke bagian kerangka tulisan yang kedua, yakni pertanyaan. Pada poin ini, masalah yang akan dibahas atau ditulis dimunculkan pertanyaan atau rumusan masalah sehingga nantinya akan diketahui sisi dari masalah yang akan ditulis. Pada poin ketiga pertanyaan tadi dijawab. Dalam poin jawaban ini, penulis bisa memasukkan solusi, rekomendasi dan dalil sebagai penguat.

Pembahasan selanjutnya, ust. Achyat mengiring kita untuk mengetahui hal-hal yang harus dipikirkan setelah membuat kerangka. Pertama harus dipikirkan masalah apa yang terjadi, lalu menemukan hal menarik dan unik dari yang akan ditulis. Dan pikirkan referensi yang diperlukan.

Baca juga: Ust. Moh. Achyat Ahmad: Kufur Terhadap Ghaibiyat Merusak Akidah

“kalau kita menulis tidak mempertimbangkan keunikan tulisan, lalu apa bedanya kita dengan yang lain”, kata Ust. Achyat.

Penjelasan berikutnya, adalah tahapan dalam menulis artikel. Yang pertama kali, tulis seperti kerangka yang ada. Perkuat masing-masing poin dengan data yang valid. Berikan judul yang sesuai dengan inti gagasan.

“Mengapa untuk pemberian judul saya taruh dibelakang? Karena jika kita menaruh judul diatas tahapan menulis, maka yang terjadi kita akan tersetir oleh adanya judul, kita diharuskan mengikuti judul yang sudah dibuat”, jelas Ustadz dengan kacamata ini.

Baca juga: Peresmian SOP Pondok Pesantren Sidogiri

____________

Penulis: Musafal Habib

Editor  : Saeful Bahri bin Ripit

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *