Kelas Menulis Pemula, BPP Hadirkan Ust. Yasir Zuhri

share to

kelas menulis pemula. tampak sebagai pemateri Ust. Yasir Zuhri dengan menggunakan baju hitam

Malam Senin (30/09) Badan Pers Pesantren (BPP) hadirkan Ust. Moh. Yasir Zuhri sebagai Pemateri dalam Kelas Menulis Pemula, yang bertempat di ruang Auditorium , gedung Sekretariat lantai II. Kelas Menulis diadakan untuk menambah motivasi serta tips-tips dalam menulis bagi redaksi pemula maupun yang lama.

Ust. Yasir Zuhri merupakan Mantan Kepala BPP selama 4 periode. Dan Kelas Menulis Pemula merupakan salah satu dari program yang beliau cetuskan dalam masa-masa awal menjabat sebagai kepala BPP. Hadir sejumlah redaksi media Pondok Pesantren Sidogiri baik media cetak, online, dan majalah dinding.

Baca juga: Ratusan Santri Ikuti Gurah Massal

Setelah menjelaskan tentang perjalanan BPP mulai dari tahun 2007 hingga 2019, Ust. Yasir Zuhri akhirnya menyampaikan poin-poin penting terkait menulis. Menurut beliau, menulis merupakan salah satu dari proses dalam mendalami ilmu.

“Perlu dipahami bahwa manfaat dari menulis itu merupakan salah satu dari tiga hal yang sangat membantu dalam belajar. Jadi, jangan hanya sekedar agar dianggap tahu”.

Menurut beliau, tiga hal yang menjadi proses dalam mendalami ilmu adalah mengajar, kemudian berdiskusi atau musyawarah, dan terakhir adalah menulis. Proses menulis hingga mahir yang pertama dilakukan adalah perlunya membangun komitmen sejak awal. Punya jiwa idealisme, dalam hal dan kondisi apapun tetap berusaha menulis, sesibuk apapun tetap menulis. Menurut penjelasan dari Wali kelas 1-A Aliyah ini, menulis sebaiknya dengan berdasarkan referensi yang berjumlah puluhan sumber. Hal ini tentu semakin menambah isi dari apa yang akan ditulis. Sehingga seorang jurnalis harus memperbanyak membaca, menulis, dan memperbarui motivasi.

Baca juga:Seminar Ilmiah UKPI Jurusan Tarbiyah

Beliau menambahkan bahwa bagi semua yang mendapat amanah menjadi redaksi suatu media agar memanfaatkan tugasnya untuk terus menambah wawasan. Dan tidak ada penulis yang terlahir dari kelas menulis tetapi dari ketekunan dan ketelatenan membaca dan menulis.

Ada pesan dari beliau agar membudayakan membaca. Termasuk salah satu guru senior, KH. Muhibbul Aman Aly yang juga sering tampil sebagai Mushahih Musyawarah juga memiliki waktu tersendiri untuk membaca kitab diluar jam pelajaran, yaitu 1 jam sebelum tidur. Harus istiqamah.

Terakhir, Ust Yasir menjelaskan bagi penulis, menyusun konsep itu penting. Istilah dalam BPP-nya adalah outline. Hal ini sangat memudahkan dalam menyelesaikan tulisan dengan konsep yang tersusun, apalagi ditambah dengan mengadakan diskusi dengan teman.

___________

Penulis  : Musafal Habib

Editor   :  Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *