Ratusan Santri Ikuti Gurah Massal

share to

Antusias, Walau malam ratusan santri tetap ikut gurah

Lebih dari 500-an santri ikuti Gurah Massal di halaman gedung as-Suyuti, Malam Jumat (27/09). Ikatan Santri Sidogiri (ISS) Pusat sebagai penyelenggara bermaksud untuk memenuhi harapan santri yang ingin membersihkan hidung dari lendir.

Panitia menghadirkan ahli gurah dari Bangil, tepatnya yang beralamatkan di jl. Anggur No. 23 Kidul Dalem Bangil Pasuruan. Beliau bernama lengkap Ust. M. Umar Faruq. Penjelasan tentang Gurah dimulai pada pukul 10.30 waktu setempat. Hal tersebut dikarenakan sebelumnya Ust. Umar sowan ke Mas d.Nawawy Sadoellah, Katib Pondok Pesantren Sidogiri.

Beliau pertama-tama menjelaskan apa yang harus dilakukan santri ketika nanti beliau melakukan gurah. Nantinya santri akan diberikan semacam ramuan yang dimasukkan ke lubang hidung. Dan santri dilarang bercanda ketika nantinya digurah. Kemudian beliau juga menjelasakan manfaat gurah, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga untuk membantu suara menjadi lebih merdu.

Ramuan Khusus Ust. Umar

Baca juga : Konsulat Terbesar Kenalkan Pengurus Baru

“Manfaat gurah suara akan menjadi nyaring, bening, kuat, lantang, panjang, bersih, merdu, dan halus”, jelas beliau.

Ust. Umar menjelaskan lebih lanjut tentang gurah ini, bahwa untuk yang ikut gurah tidak ada pantangan sama sekali. Hanya saja sangat dianjurkan selama tiga hari agar mengurangi makanan yang bersifat pedas, es, dan gorengan. Boleh makan yang disebutkan tadi, tapi sedikit.

Setelah penjelasan, beliau langsung meminta semua peserta untuk langsung bersiap di tempat yang telah ditentukan. Untuk Guru, Aliyah, dan Kuliyah Syariah bertempat di ruang 02 dan 03 as-Suyuti.

Walaupun waktu sudah menunjukkan pukul 11.30 malam, tapi peserta yang mendaftar semakin banyak. Maklum, santri hanya dibebankan Rp. 10.000 untuk mendapatkan tiket masuk mengikuti gurah. Bahkan pada jumat paginya, acara gurah dimulai kembali, bahkan tidak hanya santri tetapi juga wali santri yang kebetulan mengirim puteranya pada hari tersebut.

_________

Penulis : Musafal habib

Editor    : Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *