Wujudkan Sidogiri Bersih 24 Jam

share to

Satukan tekad dengan koordinasi Sihatda Se-Pondok Pesantren Sidogiri

Suasana Pondok Pesantren Sidogiri sebelum maghrib, setelah dibersihkan oleh kesehatan.

Malam itu, menunjukkan pukul 09.00 WIS. Teman-teman bagian kebersihan Daerah se-Pondok Pesantren Sidogiri baru saja menyelesaikan tugas rutinannya setiap malam, membersihkan Daerah dari sampah dan kotoran. Beberapa dari mereka mulai bersiap-siap untuk menghadiri “Acara Pelatihan Cleaning Service”.

 

Baca juga: Sidogiri Terima Kunjungan dari PG Tarjim BMQ AT-Tartil Sidoarjo

Ruang Rapat Kantor Sekretariat lt II. Di sana diadakan semacam koordinasi atau musyawarah, untuk kembali menggalakkan prinsip hidup bersih yaitu, “Sidogiri Bersih 24 Jam” dengan anggota bagian kebersihan Se-Pondok Pesantren Sidogiri. Pengurus memaparkan program-program baru dan merevitalisasi semangat untuk selalu menjaga dan merawat kebersihan serta kenyamanan dimana pun mereka berada, terlebih di pondok tercinta ini.

Baca juga: Santri Membeludak, Butuh Kesabaran yang Ekstra Mondok di Sidogiri

Para kesehatan daerah membersihkan halaman daerah (asrama) setiap sore.

Penggalakan ini juga didasari oleh semangat Majelis Keluarga tentang kebersihan dan kerapian, seperti dawuh Mas d. Nawawy, ketika siapa pun melihat ada yang membuang sampah sembarangan, tidak usah dipungut melainkan tangkap orangnya dan perintah untuk memungut sampahnya sendiri. Itulah salah satu wujud cinta Majelis Keluarga terhadap para santrinya, supaya santri-santri tetap selalu cinta dan peduli terhadap kebersihan.

Acara yang berlangsung selama 4 malam ini, melibatkan ratusan petugas kebersihan yang ada di Pondok Pesantren Sidogiri dengan kriteria dan waktu yang berbeda-beda, tetapi satu tujuan, yaitu bagaimana menciptakan Sidogiri bersih 24 Jam. Harapan Pengurus berawal dari para petugas dapat mengajak dan mengingatkan teman-teman santri untuk terus mengamalkan as-Sunnah. “an-Nadhofatu min al-Iman”, memang terkesan remeh, sebenarnya hal seperti ini yang memiliki nilai yang luar biasa.

Baca juga: Ratusan Santri Ikuti Gurah Massal

_________

Penulis: Fahmi Aqwa*

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

*Redaksi Mading Maktabati

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *